Akhirnya Repsol Honda Amankan Tanda Tangan Joan Mir

Kawula Muda, Repsol Honda mengumumkan perekrutan Joan Mir dari Ducati dan akan bersanding dengan Marc Marquez.

Joan Mir. (Twitter)
Wed, 31 Aug 2022


Akhirnya penantian Repsol Honda mengenai jawaban Joan Mir berakhir juga. Honda akhirnya resmi mendapatkan Mir sebagai pebalap untuk MotoGP 2023.

Honda memang berniat membajak semua pebalap Suzuki mulai musim depan. Hal itu setelah Suzuki memang mengundurkan diri dari MotoGP musim depan.

Alhasil kedua pebalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins, pun sempat tidak memiliki tim. Hal ini yang membuat mereka menjadi incaran Honda.

Tanda tangan Rins terlebih dulu diamankan oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Namun nantinya pebalap asal Spanyol itu akan membela tim satelit, LCR Honda.

Sementara itu, negosiasi antara Honda dengan Mir berjalan cukup alot. Kedua belah pihak tidak kunjung menemui kata sepakat.

Pada akhirnya hari yang ditunggu pun tiba. Mir dan Honda menemui kata sepakat di mana sang pebalap bakal membela tim utama Repsol Honda.

Repsol Honda sendiri mengumumkan perekrutan Mir melalui laman resminya. Nantinya, Mir bakal menjadi rekan satu tim Marc Marquez.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan kontrak Joan Mir. Mir nantinya akan bergabung bersama Repsol Honda," tulis pernyataan resmi tim tersebut.

"Pebalap berusia 24 tahun itu akan bersaing dengan Honda RC213V di tim pabrikan. Dia meneken kontrak dua tahun bersama Marc Marquez," lanjut pernyataan tersebut.

Mir sendiri mendapat kontrak berdurasi dua musim. Artinya dia bakal mengendarai RC213V pada MotoGP 2023 sampai 2024 mendatang.

Kebetulan Mir datang ke Honda pada saat yang tepat. Pasalnya mereka baru kehilangan Pol Espargaro yang memutuskan pindah ke Gas Gas Tech 3 KTM.

Kehadiran Mir diharapkan bisa mendongkrak performa Honda. Selama dua musim terakhir mereka seolah tertidur karena absennya Marc Marquez akibat cedera.

Berita Lainnya