Main Futsal di Malam Hari, Apa Ada Dampak Bahaya bagi Tubuh?

Kawula Muda, jangan lupa berolahraga, ya!

Dampak futsal di malam hari (CAPITALFOOTBALL)
Wed, 12 Apr 2023

Kawula Muda, semakin bertambah usia, waktu luang yang lo punya mungkin semakin sedikit. Salah satunya waktu untuk berolahraga. Saat ini, banyak orang memilih untuk melakukan olahraga di malam hari, salah satunya futsal.

Futsal menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak kalangan. Selain sehat, futsal dapat dilakukan bersama teman-teman dan memberikan efek menyenangkan. 

Banyak orang memilih melakukan futsal di malam hari bersama teman-teman setelah berkegiatan. Lantas, apa efek futsal di malam hari bagi kesehatan?

Dampak futsal di malam hari (ISTOCK)

Efek Olahraga Futsal Malam Hari

Bermain futsal di malam hari dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dari Halodoc, para ahli menyebut jika waktu yang baik untuk olahraga adalah pagi atau siang hari.

Hal ini dikarenakan otot lebih fleksibel, denyut jantung, dan tekanan darah yang mendukung aktivitas.

Tidak hanya itu, olahraga futsal sangat baik dilakukan pagi hari sebab kadar testosteron pria berada pada puncaknya, Kawula Muda! 

Futsal di malam hari juga menyebabkan insomnia, loh. Pasalnya, futsal termasuk olahraga yang berat. Hal tersebut dapat lo hindari dengan memilih olahraga lain dengan tingkatan ringan sampai sedang.

Jangan lupa untuk melakukan sesi pemanasan dan pendinginan.

Waktu Paling Baik untuk Olahraga

Apa dampak futsal di malam hari? Ternyata ini dampak olahraga malam hari bagi kesehatan (UNSPLASH)

Faktanya, untuk mendapatkan manfaat saat berolahraga, lo harus memperhatikan waktu atau jam yang tepat untuk olahraga. Sebab, olahraga yang dilakukan pada pagi, sore, dan malam hari memiliki manfaat tersendiri.

1. Pagi Hari

Olahraga yang dilakukan pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berolahraga. Pasalnya, energi serta keadaan sekitar yang mendukung.

Manfaatnya pun banyak, seperti meningkatkan energi tubuh, meningkatkan suasana hati sepanjang hari, meningkatkan metabolisme tubuh sehingga jumlah kalori yang dikeluarkan lebih banyak, mengubah gaya hidup sehat, meningkatkan fokus dan produktivitas, serta mengelola kebiasaan makan sepanjang hari.

Melansir Halodoc, berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat menurunkan lemak hingga 20 persen dibandingkan dengan berolahraga setelah sarapan, loh!

2. Sore Hari

Olahraga di sore hari dapat menjadi alternatif untuk lo yang tidak terbiasa bangun pagi. Jangan salah, olahraga di sore hari memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, loh!

Manfaat olahraga di sore hari antara lain meningkatkan kinerja fisik, mengembalikan fokus dan semangat, serta olahraga yang optimal sebab tubuh berada pada performa puncak.

3. Malam Hari

Jika lo benar-benar hanya memiliki waktu di malam hari untuk berolahraga, lo harus memperhatikan seberapa banyak aktivitas yang dilakukan dan berapa lama jarak tidur dengan olahraga.

Olahraga di malam hari dapat mengganggu waktu tidur jika lo tidak memperhatikan hal di atas. Meski begitu, olahraga di malam hari tetap memiliki manfaat, Kawula Muda. Salah satunya adalah energi yang digunakan lebih efektif.

Hal ini dikarenakan oksigen dapat diserap lebih banyak di malam hari yang menstimulasi hormon untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya, olahraga di malam hari bisa membuat kualitas tidur membaik, asalkan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan sebab bisa meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh.

Kawula Muda, itulah hal yang perlu lo pahami terkait olahraga di malam hari. Satu hal yang paling penting, jangan lupa olahraga ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya