Mengapa Badan Sakit setelah Olahraga? Simak Fakta-fakta Berikut Ini!

dr. Andhika juga ngasih tips buat Kawula Muda yang ikutan Sunset Fit, nih

Tidak hanya dengan pasangan, olahraga beramai-ramai juga banyak manfaatnya (UNSPLASH)
Tue, 21 Feb 2023

Kawula Muda, menurut Dokter Andhika Raspati atau yang lebih akrab disapa dr. Dhika, olahraga merupakan senjata kita untuk melawan penyakit. Namun, ibarat memegang senjata, kita harus tau nih bagaimana cara menggunakan senjata tersebut dengan benar. 

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga tersebut juga mengungkapkan jika salah dan asal-asalan ketika berolahraga, bisa jadi senjata makan tuan, loh!

Kawula Muda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk menghindari hal tersebut, dr. Dhika membagikan beberapa fakta sekaligus tips untuk Kawula Muda, nih! Kira-kira apa saja fakta dan mitos dalam olahraga ya, Kawula Muda?

Fakta dan Mitos Olahraga dari dr. Dhika

Dokter Andhika Raspati, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga bersama dua penyiar Sunset Trip, Julio dan Genus (INSTAGRAM)

Kenapa badan kita suka sakit setelah olahraga?

Setelah sekian lama tidak berolahraga, tubuh lo mungkin akan ‘kaget’ setelah menjalani suatu latihan. Lalu, kenapa setelah berolahraga tubuh kita sering pegal-pegal, ya? Ternyata, dalam dunia medis istilah nyeri otot pasca olahraga disebut delayed-onset muscle soreness (DOMS). DOMS atau nyeri otot setelah olahraga adalah sakit yang wajar, normal, dan tidak perlu dikhawatirkan, Kawula Muda. 

Biasanya, DOMS yang tidak terlalu parah akan dirasakan selama 2-3 hari, sedangkan yang paling parah adalah seminggu. Kawula Muda juga harus bisa membedakan DOMS dengan cedera, ya! Cedera sendiri memiliki rasa sakit yang berbeda, yakni ketika workout atau menggunakan anggota tubuh tersebut, bukan di otot seperti DOMS.

Olahraga bersama bakal kasih Kawula Muda motivasi ekstra

Menurut dr. Dhika, olahraga bersama lebih fun, loh! Selain lebih seru, Kawula Muda juga bisa berinteraksi dengan satu sama lain yang membuat adanya motivasi tambahan! Namun, yang perlu diingat, jangan terlalu memaksakan diri ya, Kawula Muda! Sebab, level kebugaran setiap orang berbeda-beda. Jadi, fokuskan latihan sesuai kemampuan lo saja, ya. 

Minum air dingin setelah olahraga boleh enggak, sih?

Ternyata, minum air dingin setelah berolahraga sangat dianjurkan, loh. Tidak harus selalu es, lo bisa meminum air dengan suhu 18-22 Celsius atau suhu kulkas, Kawula Muda. Hal tersebut, menurut dr. Dhika, dapat membantu mengembalikan suhu tubuh yang naik dan membuat kita terangsang untuk minum air dalam jumlah yang banyak.

Jenis latihan apa yang efektif membakar kalori?

Berangkat dari banyaknya orang yang mengatakan jika latihan cardio efektif untuk membakar kalori, dr. Dhika mengatakan hal tersebut tidak salah loh, Kawula Muda! Namun, dr. Dhika mengatakan jika kita mengombinasikan latihan cardio dengan latihan otot, seperti angkat beban, hasil yang akan lo dapat lebih maksimal, loh!

Hal ini dikarenakan menurut penelitian, dengan massa otot yang besar, pembakaran kalori akan lebih maksimal, Kawula Muda. Bahkan jika lo sedang duduk dan diam. Keren banget, kan? Lebih lanjut, dr. Dhika memberikan sedikit tips latihan, nih. Misalnya, Senin, Rabu, dan Jumat lo gunakan untuk jalan santai lalu Selasa dan Kamis latihan otot. 

Apakah keringat bisa jadi tolak ukur berapa banyak lemak yang terbakar?

Faktanya, keringat menandakan seberapa panas tubuh kita, loh. Ternyata, keringat bukanlah tolak ukur seberapa banyak lemak kita terbakar, Kawula Muda. Namun, dr. Dhika mengungkapkan jika kita bisa melihat denyut nadi untuk mengetahui seberapa banyak kalori yang terbakar atau intensitas latihan.

Tips Olahraga di Sunset Fit bareng Prambors Sunset Trip!

Malas berolahraga? Olahraga bareng Julio dan Genus aja di Sunset Fit! (PRAMBORS)

Tidak terasa, Kamis (22/02/2023) besok, Sunset Fit akan dimulai, Kawula Muda! Sebagai ajang olahraga bareng dua penyiar Sunset Trip, yakni Genus dan Julio, Sunset Fit juga menjadi ajang Kawula Muda bertemu dengan partner olahraga baru!

Sebelum seru-seruan bareng Genus, Julio, dan tamu-tamu artis ternama, dr. Dhika membagi satu tips yang sangat penting buat Kawula Muda, nih!

dr. Dhika berpesan, jika ini kali pertama lo berolahraga bersama atau mungkin sudah lama tidak berolahraga, fokus dengan diri lo saja, ya. Kawula Muda hanya perlu melihat diri sendiri dan jangan membandingkan dengan orang lain.

Sejatinya, olahraga merupakan perlombaan diri lo sendiri, Kawula Muda!

Jadi, sudah siap olahraga bareng di Sunset Fit? See you, Kawula Muda!

Berita Lainnya