Performa Baik Timnas Indonesia yang Didominasi Pemain Muda, Shin Tae-yong: Saya Bangga!

Di Piala AFF 2020 ini, 70% pemain Timnas Indonesia berusia di bawah 25 tahun.

Aksi Witan Sulaeman saat Indonesia bertemu Vietnam, Rabu (15/12). (PSSI)
Thu, 16 Dec 2021

Indonesia baru saja mengamankan 1 poin setelah menahan imbang Vietnam pada matchday ke-3 babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12). Sang pelatih, Shin Tae-yong, bangga dengan perjuangan anak-anak muda di timnya.

Kesebelasan yang dipimpin oleh Evan Dimas ini didominasi oleh pemain muda. Dari 30 nama yang dibawa ke Piala AFF 2020, 21 di antaranya masih berusia di bawah 25 tahun. 

Bahkan ketika melawan Vietnam, starting-XI Timnas Indonesia hanya diisi satu pemain di atas 25 tahun, yaitu Fachrudin Aryanto yang berusia 32 tahun. Shin Tae-yong mengatakan bahwa masa persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang diundur hingga 2023 nanti, membantunya menemukan pemain muda bertalenta.

"Saat ini, tim kami memang banyak diisi pemain muda. Sejak tahun lalu, saya mempersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 dan melakukan seleksi untuk pemain muda," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai pertandingan.

"Sampai sekarang, saya sering memainkan para pemain muda, jumlahnya mungkin 6-7 pemain. Jadi, para pemain mengikuti filosofi yang saya inginkan dengan baik," jelas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong melihat bakat pemain muda Timnas Indonesia makin berkembang. Juru taktik asal Korea Selatan itu meyakini bahwa Witan Sulaeman dkk. dapat menjadi wajah Timnas Indonesia di masa depan.

"Kemampuan para pemain makin meningkat. Para pemain juga terus berusaha untuk memahami taktik saya," tutur Shin Tae-yong.

"Saya bangga dengan para pemain. Saya percaya pastinya Timnas Indonesia makin lama akan makin baik," imbuh eks nakhoda Korea Selatan itu.

Hasil imbang melawan Vietnam sudah cukup untuk membuat Timnas Indonesia bertahan di puncak klasemen Grup B. Skuad Garuda mendulang tujuh poin dari tiga pertandingan.

Perolehan angka Timnas Indonesia sebenarnya sama dengan Vietnam, namun Skuad Garuda unggul selisih gol 9-3 berbanding 5-0.

Timnas Indonesia masih menyisakan satu partai di Grup B melawan Malaysia pada 19 Desember 2021. Skuad Garuda tinggal membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF.

Berita Lainnya