Pernah Jadi Penguasa Eropa, Nottingham Forest Balik ke Liga Inggris Setelah 23 Tahun

Nottingham Forest resmi kembali ke Liga Inggris musim depan

Nottingham Forest Promosi ke Liga Inggris (Twitter/NFFC)
Mon, 30 May 2022

Nottingham Forest berhasil merebut tiket promosi klub ke Liga Inggris musim 2022/2023 mendatang. Kepastian tersebut didapatkan Nottingham Forest setelah mengalahkan Huddersfield dengan skor tipis 1-0 (29/05/2022).

Finis di peringkat keempat Divisi Championship, Nottingham Forest harus melewati babak Play-off terlebih dahulu melawan Huddersfield untuk merebutkan tiket promosi ke divisi utama Liga Inggris, yakni Liga Premier Inggris.

Menghadapi Huddersfield, Forest tampak percaya diri sejak peluit awal dibunyikan. Aksi gemilang pemain pinjaman Manchester United, James Garner membuat Forest bisa mencatatkan satu gol di papan skor. Pada menit ke-43 Garner mengirimkan umpan crossing deras ke kotak penalti lawan, umpan tersebut salah diantisipasi oleh Levi Colwill dan berujung gol bagi Forest.

Hasil tersebut nyatanya bertahan hingga laga berakhir, kemenangan ini membuat anak asuhan Nottingham Forest bisa kembali ke Liga Inggris setelah penantian panjang selama 23 tahun lamanya.

Pemain Nottingham Forest Joe Worral (Kiri) dan Ryan Yates (Kanan)

Tidak banyak yang tahu, dahulu Forest merupakan salah satu raksasa di Liga Inggris pada periode 70-an hingga awal 90-an. Pada masa itu di bawah pelatih legendaris Brian Clough, Nottingham Forest pernah meraih gelar juara Liga Champions, tak tanggung-tanggung mereka melakukannya dua kali berturut pada tahun 1979 dan 1980. Selain capaian tersebut, Forester juga memiliki capaian gemilang di liga domestik, satu kali meraih juara Liga Inggris, empat kali juara Piala Liga serta dua kali memenangkan Piala FA menjadi bukti sahih klub tersebut yang sempat ditakuti di Eropa maupun Inggris.

Anak asuhan Steve Cooper tersebut menjadi klub terakhir yang resmi mengisi tiga slot tim Liga Inggris musim 2022/2023. Nottingham Forest akan ditemani oleh Bournemouth dan pemenang Divisi Championship, yakni Fulham.

Berita Lainnya