Piala AFF 2020: Gilas Malaysia 4-1, Indonesia Keluar Sebagai Juara Grup B

Indonesia keluar sebagai juara Grup B Piala AFF 2020 setelah membungkam Malaysia 4-1, Minggu (19/12).

Perayaan gol Indonesia ke gawang Malaysia. (PSSI)
Sun, 19 Dec 2021

Timnas Indonesia sukses melenggang ke babak semifinal Piala AFF 2020 setelah menghajar Malaysia 4-1 pada laga terakhir Grup B di National Stadium, Singapura, pada Minggu (19/12).

Dari performa pada babak penyisihan grup, Timnas Indonesia lebih diunggulkan. Namun, justru Malaysia yang unggul terlebih dahulu melalui Kogileswaran Raj di menit ke-13.

Kogi dapat mencetak gol akibat blunder Irfan Jaya yang gagal membuang bola dengan sempurna. Meski begitu, Irfan Jaya bisa menebus kesalahannya dengan brace-nya sebelum babak pertama berakhir.

Gol pertama Irfan terjadi di menit ke-36 memanfaatkan umpan tarik Witan Sulaeman. Tak sampai 10 menit, Irfan kembali mencetak gol setelah memaksimalkan operan Pratama Arhan. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas turun minum, Indonesia kembali menjauh melalui gol spektakuler Pratama Arhan di menit ke-50. Tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti, tak mampu dihalau kiper Malaysia. Skor 3-1 untuk Skuad Garuda.

Unggul 3-1 tak mengendurkan serangan pasukan Shin Tae-yong. Serangan bertubi-tubi Timnas Indonesia akhirnya berbuah hasil di menit ke-82. Berawal dari sepak pojok Evan Dimas, Elkan Baggott berhasil menyundul bola ke gawang Khairul Fahmi dan menyegel kemenangan Indonesia.

Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B bersama Vietnam yang berstatus runner-up. Nantinya, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Singapura di semifinal, Rabu (22/12).

Berita Lainnya