10 Istilah Kata dalam Fandom BLACKPINK, BLINK Wajib Tahu!

Lo kemarin nonton konser BLACKPINK gak, Kawula Muda?

BLACKPINK merupakan salah satu grup idol K-Pop perempuan yang populer di dunia (BLACKPINK)
Tue, 14 Mar 2023

BLACKPINK merupakan girl group populer asal Korea Selatan. Baru saja menyelenggarakan pertunjukan selama dua hari di Jakarta, konser tersebut telah ditonton oleh lebih dari 130.000 penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kawula Muda!

Sama seperti fandom grup Korea Selatan lainnya, tentu terdapat istilah yang kerap digunakan dalam fandom BLACKPINK. Untuk para BLINK sejati, lo wajib tahu ya, Kawula Muda!

Girl group asal Korea Selatan yang populer, BLACKPINK (TWITTER/BLACKPINK)

 

1. BLINK

BLINK merupakan nama resmi bagi penggemar atau fandom BLACKPINK. Adapun kata ‘Blink’ diambil dari (BL)ACKP(INK), loh, Kawula Muda! Nama fandom ini secara resmi diumumkan pada Januari 2017.

2. Jichu

Istilah selanjutnya yang wajib diketahui adalah Jichu. Istilah ini pun merujuk pada nama panggilan dari Jisoo Blackpink. Jichu berasal dari pelesetan nama Jisoo yang bisa terdengar seperti Jichu. Kiyowo banget ya!

Lisa tampil solo dan membawakan "Lalisa" serta "Money" di konser Born Pink World Tour Jakarta (PRAMBORS/HELEN)

 

3. Nallalisamang

Dibuat oleh Jisoo Blackpink, istilah ini merujuk untuk memanggil Lisa. Nama ini awalnya merupakan nama kontak maknae Lisa yang ditulis oleh Jisoo Asal di ponselnya.

4. Nyeongan

Masih dibuat Jisoo, ada pula istilah baru ‘Nyeongan’. Adapun kata unik tersebut diciptakan oleh member BLACKPINK tersebut pada acara Weekly Idol episode 310. Kala itu, Jisoo menyebut "Nyeongan" memiliki makna halo "Hallo" dan bisa digunakan juga untuk mengucapkan "Bye-bye".

Rose BLACKPINK Tampil Elegan di Paris Fashion Week (Aurore Marechal/ABACAPRESS.COM)

  

5. Chaengmunk

Nama panggilan Chaengmunk sebenarnya berasal dari nama Korea Rose Blackpink yaitu Park Chaeyoung. Hal itu dikarenakan Rose memiliki pipi yang imut ala film kartun ‘Alvin and The Chipmunk’. Apalagi saat Rose mengunyah makanan. Karena itu, para BLINK kerap memanggil sang musisi “Gone” dengan Chaengmunk, Kawula Muda!

6. Lilifilm Official

Lilifilm Official merupakan akun resmi YouTube milik Lisa. Lewat akun tersebut, sang dancer kerap mengunggah video saat ia menari. Tak hanya itu, akun tersebut juga berisi konten para member BLACKPINK saat melakukan tur dunia. Sudah subscribe, BLINK?

Jennie pada konser BLACKPINK Jakarta yang merupakan bagian dari Born Pink World Tour (PRAMBORS/HELEN)

 

7. Human Chanel

Sebagai duta dari brand mewah Chanel, Jennie mampu memancarkan aura classy sekaligus trendy. Dengan kemampuan berbusananya yang ikonis, Jennie pun kerap mencuri perhatian, Kawula Muda! Itulah asal mula dari istilah Human Chanel tersebut.

8. Jendeuk atau Jendeukie

Kembali dibuat oleh Jisoo BLACKPINK, beberapa dari fandom BLACKPINK sering memanggil Jennie dengan sebutan Jendeuk atau Jendeukie. Nama ini diberikan karena menurut Jisoo, Jennie memiliki kebiasaan clingy saat berbagi kamar dengannya.

Dokumentasi meriahnya pink ocean pada konser BLACKPINK Jakarta (PRAMBORS/HELEN)

 

9. Ppyongbong

Hampir setiap grup populer Korea Selatan merilis lightstick yang menjadi identitas mereka. Demikian pula dengan BLACKPINK yang mengeluarkan lightstick bernama Ppyongbong dengan bentuk ala hammer mini. Ppyongbong pun kerap dibawa oleh BLINK kala menghadiri konser idolanya tersebut. Tak heran, konser BLACKPINK selalu diwarnai dengan pink ocean yang indah ketika menyala bersamaan, Kawula Muda!

10. AIIYL dan PWF

Kedua istilah ini merujuk pada lagu populer dari BLACKPINK. AIIYL merupakan singkatan dari lagu "As If It’s Your Last" (2017), sementara PWF merupakan singkatan dari lagu "Playing With Fire" (2016). Sudah hafal lagunya, Kawula Muda?

Berita Lainnya