Merasa Sedih setelah Nonton Konser BLACKPINK? Kenali Post-Concert Depression

BLINK, udah move on dari konser kemarin belum?

BLACKPINK meriahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (11/03/2023) dan Minggu (12/03/2023) (PRAMBORS/HELEN)
Mon, 13 Mar 2023

Konser BLACKPINK Born Pink di Jakarta yang digelar pada 11-12 Maret 2023 di Gelora Bung Karno lalu telah sukses mengguncang BLINK Indonesia. Mereka sangat bergembira dan antusias bisa menonton sang idola secara langsung.

Banyak orang yang setelah nonton konser BLACKPINK merasakan pengalaman yang benar-benar tidak bisa dilupakan. Makanya, enggak heran kalau euforia dan suasana konser masih dirasa walau sudah selesai.

Bahkan, tak jarang juga ada yang merasa sedih setelah konser berakhir, Kawula Muda. Lantas, kenapa merasa sedih padahal sudah nonton konser? Mungkin lo terkena Post-Concert Depression.

BLACKPINK tutup konser lewat "As If It's Your Last" (PRAMBORS/HELEN)

Post Depression Concert

Perasaan sedih setelah nonton konser itu disebut dengan post-concert depression (PCD). Melansir dari Girls Beyond, Senin (13/03/2023), PCD adalah perasaan sedih yang intens yang dirasakan seseorang setelah menonton konser.

Tenang saja, Kawula Muda. PCD tidak digolongkan sebagai salah satu jenis gangguan mental. Istilah ini sering dialami oleh siapa saja, baik yang sudah pernah menonton konser ataupun yang sudah biasa.

PCD terjadi ketika kita menikmati euforia yang kita sudah impikan, hingga menyebabkan rasa bahagia. Di saat itu, tubuh memproduksi Dopamine sehingga menyebabkan energi yang timbul begitu besar.

Ketika euforia konser BLACKPINK sudah berakhir secara paksa, yang kita rasakan adalah sedih dan adrenalin menurun.

Setelah itu, hari-hari setelah konser kita akan merasa kelelahan luar biasa, sedih, bahkan sampai enggak mau move on dari konser tersebut!

Tahap-tahap Post-Concert Depression

Untuk terjadi PCD dalam seseorang, mereka akan merasakan beberapa tahapan sebelum langsung timbul rasa tersebut.

Berikut adalah lima tahap PCD yang bisa dialami, mengutip dari berbagai sumber:

1. Denial

Tahap pertama yang dialami adalah denial atau perasaan yang tidak menyangka bahwa konser yang lo impikan dan nanti-nanti dalam waktu yang lama telah terjadi dan usai.

Lo juga merasakan perasaan jika tiba-tiba BLACKPINK muncul lagi di atas panggung dan konser masih berlanjut.

2. Anger

Saat konser BLACKPINK kemarin, BLINK tidak langsung pergi begitu saja saat konser selesai. Banyak dari mereka yang memotret atau selfie di dekat panggung. Ada juga yang masih mengobrol dan mengabadikan momen-momen di dalam stadion.

3. Bargaining

Di sini, seseorang mulai tidak rela untuk kehilangan suasana konser. Beberapa menonton video hasil dokumentasi konsernya secara berulang-ulang.

Ada juga yang tidak mau melepas gelang tiket sampai beberapa hari ke depan. Lo juga mengandai-andai jikalau idol lo akan kembali mengumumkan konser.

4. Depression

Tahap ini adalah ketika kamu mulai mengalami perasaan sedih yang begitu mendalam. Perasaan ini muncul bahwa lo tidak akan bisa mencapai titik kebahagiaan seperti menonton konser.

Apalagi ketika lo harus kembali ke rutinitas sehari-hari yang membuat lo kehilangan selamat untuk beraktivitas.

5. Acceptance

Acceptance adalah tahap terakhir untuk menerima fakta jika konser tersebut sudah selesai dan harus kembali nonton ke realitas sesungguhnya.

Di sini, lo juga bisa menerima apabila setelah ini mungkin saja tidak ada kesempatan lain untuk bertemu BLACKPINK

Atasi Post Concert Depression

Dokumentasi meriahnya pink ocean pada konser BLACKPINK Jakarta (PRAMBORS/HELEN)

PCD memanglah bukan kesehatan mental yang mengkhawatirkan, kok, namun PCD harus dihilangkan dengan baik. Jika tidak, bisa berdampak negatif pada diri seseorang.

Ini lah cara dan tips untuk mengatasi Post-Concert Depression:

1. Membuat kenang-kenangan

Misalnya, lo bisa menyimpan merchandise konser seperti BLACKPINK kemarin. Setiap penonton yang datang diberikan poster dan banner project. Barang-barang seperti ini bisa lo simpan atau diletakkan di dinding kamar lo.

2. Lakukan kegiatan positif

PCD yang berlarut akan menghalangi aktivitas di kehidupan nyata lo. Makanya, untuk mengalihkannya, lo bisa melakukan hal yang bermanfaat yang bisa membuat lo senang dan bersemangat.

3. Menulis jurnal

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menulis jurnal. Lo bisa meluangkan cerita nonton konser BLACPINK. Misalnya bagaimana perasaan lo ketika bertemu idola, apa saja yang sudah lo siapkan untuk nonton. Ini bisa membuat lo semakin lega dan memahami diri sendiri.

4. Berinteraksi dengan orang lain

Dengan berinteraksi seperti berbincang, dapat mengurangi PCD lo sehabis nonton konser. Perbanyak interaksi dengan teman, keluarga, rekan kerja, bisa mengalihkan perhatian lo dari konser.

Kawula Muda, jika PCD yang lo alami terjadi dalam waktu panjang bisa lo tanyakan dan kunjungi ahli, ya. Pasalnya, ini bisa mengganggu lo dan berlanjut dengan lama.

Berita Lainnya