BTS Resmi Jalani Hiatus, Kapan Para Member Kembali dari Wajib Militer?

Sehat-sehat ya bujang!

Deretan istilah nama yang ada di dunia K-Pop (ALLKPOP)
Sat, 16 Dec 2023

Jimin dan Jungkook BTS menjadi dua member terakhir yang menjalankan pelatihan wajib militer (wamil) pada 12 Desember 2023 lalu, menyusul lima member lainnya yang sudah berangkat lebih dulu.

Atas ini, boy group BTS resmi hiatus baik untuk kegiatan grup maupun solo.

Pelepasan Jimin, Jungkook, RM dan V BTS untuk berangkat wamil dalam waktu yang berdekatan ini diantar langsung oleh para member lain yang kini tengah sibuk menjadi prajurit.

Kebersamaan terakhir mereka sebelum seluruh member berangkat wamil pun diabadikan dan diunggah ke dalam sosial media BTS.

Dalam foto, seluruh member tampaknya memiliki tampilan gaya rambut baru yakni cepak militer yang ditutupi dengan topi atau jaket.

BTS Berkumpul untuk Antar V dan RM BTS Wajib Militer (Twitter X/BTS_twt)

Sebelum menjalankan tugasnya, BigHit Music sebagai label dari BTS mengumumkan kepada penggemar melalui Weverse untuk tetap mendukung para member yang akan menjalani wamil.

“Kami meminta untuk terus menyangyangi dan mendukung RM, Jimin, V dan Jung Kook sampai mereka kembali dari tugas militer,” kutipan dari surat yang disebar oleh BigHit Music.

Selain itu, seluruh member juga memberikan pesan khusus kepada penggemar mereka masing-masing sebelum berangkat wamil, seperti surat dari tulisan tangan sampai live streaming terakhir melalui weverse, Kawula Muda.

Tangkapan layar Jungkook dan Jimin lakukan live streaming salam perpisahan sebelum berangkat wajib militer (Weverse)


Surat Perpisahan dari V BTS untuk ARMY sebelum Menjalani Wajib Militer (Weverse via Koreaboo)

Apakah BTS Bubar karena Wamil dalam Waktu yang Berdekatan?

Tidak, Kawula Muda. BTS tidak bubar hanya karena seluruh member harus menjalani wamil. Mereka hanya menjalankan hiatus terhitung dari bulan Juni 2022 lalu sebagai grup dan hiatus menjelang tanggal wamil untuk kegiatan proyek solo masing-masing.

Member terakhir yang hiatus adalah Jungkook sebagai anggota termuda dan yang paling terbaru mengeluarkan album bertajuk Golden.

Dalam BTS Festa Dinner, RM selaku leader dari grup ini menyatakan masih ada banyak hal yang akan dilakukan bersama, tetapi mereka juga butuh untuk berkembang dan menjadi dewasa dengan menuangkannya dalam proyek solo.

“Kurasa kita harus meluangkan waktu untuk berpisah untuk bisa merasakan bagaimana rasanya bersatu kembali,” ungkap J-Hope meyakinkan saat BTS mengumumkan akan hiatus.

RM dan J-Hope sepakat bahwa keputusan ini bukanlah hal yang negatif dan BTS akan lebih kuat lagi ketika bersama di kemudian hari.


Di samping itu, kegiatan wajib militer yang dijalani oleh seluruh pria di Korea Selatan yang sudah memenuhi syarat ini akan berlangsung selama 18 bulan. Seluruh member BTS pun akan menjalani wamil sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan yang diestimasikan akan kembali sebagai grup secara utuh pada tahun 2025 mendatang. 

Urutan Tanggal Member BTS Kembali dari Wajib Militer

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah estimasi tanggal kembali para member BTS dari wajib militer.

Jin 13 Desember 2022, akan kembali Juni 2024

J-Hope 18 April 2023, akan kembali September 2024

Suga 22 September 2023, akan kembali Maret 2025

RM 11 Desember 2023, akan kembali Juni 2025

V 11 Desember 2023, akan kembali Juni 2025

Jimin 12 Desember 2023, akan kembali Juni 2025

Jungkook 12 Desember 2023, akan kembali Juni 2025

Mari kita tunggu comeback dari BTS ya, Kawula Muda. Ingat selalu pesan dari idola kalian untuk tetap bahagia dan sabar menunggu.

Berita Lainnya