Desainer Kostum Gatotkaca Protes Namanya Tak Ada di Kredit Film, Hanung Bramantyo akan Revisi

Film Gatotkaca sendiri baru tayang di Bioskop, Kawula Muda.

Desain kostum 'Satria Dewa: Gatotkaca'. (INSTAGRAM/GATOTKACA_OFFICIAL)
Fri, 10 Jun 2022

Kesuksesan gala premier film ‘Satria Dewa: Gatotkaca’ berbuntut panjang. Seorang pembuat kostum film-film hero internasional Nayt yang membuat kostum Gatotkaca mengajukan komplain lantaran kredit namanya tidak dicantumkan dalam film tersebut. Protest itu diungkapkan @naythero di story Instagram-nya pada Selasa, 7 Juni 2022.

Nayt mengunggah foto saat produser, sutradara dan pemain ‘Satria Dewa: Gatotkaca’ berdiri membelakangi layar bioskop saat gala premier film tersebut yang berlangsung di XXI Epicentrum, Senin, 6 Juni 2022. Di atas foto itu, ia menuliskan komplainnya dalam bahasa Inggris.

“Sungguh menyenangkan bekerja untuk sebuah film dengan membuat semua kostum utama dan tidak menjadi bagian dari kredit,” tulis Nayt di Instagram dan sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Hanung Bramantyo. (MEDIA INDONESIA)

 

Protes itu rupanya menjadi heboh. Hanung pun meminta maaf kepada Nayt dan teman-temannya yang tidak tercantumkan dalam kredit film.

“Sebagai sutradara Gatotkaca, secara pribadi saya ingin meminta maaf karena tidak mencantumkan nama anda atau perusahaan di kredit film,” tulis Hanung di Instagram.

Sebagai sesama pekerja seni, Hanung bisa memahami kekesalan pihak Nayt dan studio internasional yang membuat kostum Gatotkaca. Suami Zaskia Adya Mecca ini pun berupaya melakukan revisi atas kredit film.

"Saya mengerti betul betapa menjengkelkannya permasalahan ini, kami tidak bisa menyalahkan siapa pun, dan kami sedang dalam proses merevisi kredit tersebut, dan akan mengirimkan hasil revisi tersebut ke seluruh bioskop secepat mungkin," jelas Hanung.

"Sekali lagi saya meminta maaf dan akan mencegah hal ini terulang kembali," tutupnya.

Berita Lainnya