Intip Riders Coldplay yang akan Konser di Jakarta, Bawa 2 Pesawat Boeing

Seperti apa ya riders musisi sekelas Coldplay?

Apa riders Coldplay? (WIKIMEDIACOMMONS)
Thu, 11 May 2023

Kabar kedatangan Coldplay ke Jakarta pada 15 November 2023 mendatang sukses menghebohkan publik. Pasalnya, sebagai salah satu grup musik paling populer di dunia, kedatangan Coldplay ke Indonesia untuk yang pertama kali menjadi sebuah momen yang sudah lama ditunggu oleh para penggemar.

Tidak hanya tidak sabar melihat stage act konser Coldplay yang selalu luar biasa, salah satu hal yang mencuri perhatian dan membuat penasaran dari penyelenggaraan konser Coldplay adalah riders Coldplay.

Riders sebagai bagian dari kontrak pertunjukan yang mencangkup spesifikasi untuk memfasilitasi penampilan artis harus dipenuhi pihak penyelenggara untuk memenuhi kontrak yang sudah disepakati.

Sebagai salah satu band internasional papan atas, seperti apa riders Coldplay?

Riders Coldplay

Dikenal sebagai band papan atas internasional, seperti apa riders Coldplay? (THESEATTLETIMES)

Dalam acara Sunrise yang dibawakan oleh co-host Samantha Armytage, ia pernah mengungkapkan jika Coldplay pernah meminta untuk memasukkan koki makanan laut atau seafood ke dalam riders mereka, Kawula Muda!

“...dan Coldplay, kami harus memasukkan koki makanan laut, mereka menginginkan lobster di pagi hari dan mereka tidak memakannya,” ujar Samantha seperti yang tertulis di Daily Mail.

Sedangkan untuk riders di Indonesia, Harry Sudarma sebagai Co Founder dan COO PK Entertainment selaku promotor yang menyelenggarakan konser Coldplay di Jakarta mengungkapkan jika Coldplay akan membawa 25 kontainer logistik dan dua pesawat unit Boeing untuk konser nanti, Kawula Muda!

"Production riders-nya sebenarnya masih diramu-ramu, cuma yang sampai saat ini kita sudah terima sih akan ada lebih dari 25 kontainer yang dibawa. So far, ada 2 unit Boeing yang akan dibawa juga berhubungan tadi ada beberapa items yang mereka harus bawa dibantu dengan DHL sebagai logistic partner," kata Harry mengutip Kapan Lagi.

Bukan Hanya Pesawat Boeing, Coldplay Juga Minta Ini di Konser

Ini riders konser Coldplay (IHEARTRADIO/Rachel Kaplan)

Tidak sampai di situ, Smoking Gun juga pernah mengungkapkan riders yang harus dipenuhi oleh pihak penyelenggara saat produksi Coldplay Januari 2003 lalu. 

Menurut dokumen yang tersebar, pihak Coldplay akan menyediakan kendaraan berat untuk loading barang, namun tetap meminta pihak penyelenggara untuk menyediakan beberapa kendaraan dan orang teknisi untuk mendukung pertunjukan, Kawula Muda. Berikut riders konser Coldplay:

- Untuk loading keperluan konser, pihak Coldplay meminta 16 stagehand, 2 juru ikat naik, 1 juru ikat turun, 1 tukang kelistrikan umum, 1 production runner dengan pengetahuan dan transportasi lokal, dan 1 forklift truck dengan sopir

- 4 ruang ganti yang dapat dikunci, ruang ganti setidaknya memiliki satu saluran telepon, perabotan lembut yang nyaman (satu sofa panjang penuh, dua kursi berlengan yang nyaman), ruang ganti yang panjang penuh cermin, dan akses ke kamar mandi dengan shower pribadi

- Akses ke 4 pancuran air panas sepanjang hari, jika pihak penyelenggara tidak memilikinya, pihak penyelenggara harus menyediakan kamar 4 hari di hotel terdekat hingga akhir loading barang

- 60 handuk ukuran kamar mandi 

- 1 kantor produksi yang dapat dikunci yang berisikan setidaknya 3 meja, 3 kursi, 3 saluran telepon sambungan langsung, dan satu koneksi internet berkecepatan tinggi. Jika sambungan internet tidak lancar, pihak penyelenggara harus memberikan saluran telepon sambungan tambahan. Untuk catatan, sambungan nomor telepon harus dilaporkan kepada Manajer Produksi dalam waktu 21 hari sebelum tanggal pertunjukan

- Promotor harus menyediakan panggung yang dibuat dengan kokoh dan aman (jika bukan panggung teater permanen), panggung tersebut harus bisa menahan beban 600 kg.

- Panggung harus berupa konstruksi yang kokoh dengan permukaan tanah yang rata, jika panggung terdiri dari blok portabel, pihak penyelenggara harus mengunci dengan aman dan meratakan semuanya sebelum loading barang.

- Panggung utama harus lebar 48’, kedalaman 40’ dan tinggi 6’

- Panggung sayap kanan lebar 12’, lebar 16’, tinggi 4’

- Panggung sayap kiri lebar 16’, kedalaman 24’, tinggi 4’

- Menyediakan tanjakan ke lantai, pijakan di kanan dan kiri panggung, semua sayap panggung harus diceruk sejauh 2’ dari tepi bawah panggung

Kawula Muda, itulah beberapa riders Coldplay yang Prambors rangkum dari beberapa sumber. Meski terlihat rumit dan mungkin akan bertambah seiring teknologi yang berkembang, hal ini sebanding dengan penampilan Coldplay yang selalu all out setiap konser, bukan?

Kita tunggu kedatangan Chris Martin dkk. ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya