Konser BLACKPINK di Jakarta: BPKN Usut ‘Kursi Gaib’ Hingga Rumput GBK Rusak!

Lo dateng ke konser BLACKPINK gak, Kawula Muda?

BLACKPINK meriahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (11/03/2023) dan Minggu (12/03/2023) (PRAMBORS/HELEN)
Thu, 16 Mar 2023

Konser BLACKPINK di Jakarta tidak kunjung selesai menjadi topik pembicaraan walau telah sepekan berlalu. Setelah konser yang diadakan pada Sabtu (11/03/2023) hingga Minggu (12/03/2023) tersebut selesai, berbagai dampak pun dirasakan oleh pihak penonton, BLINK (sebutan para penggemar BLACKPINK), promotor, hingga negara. 

Prambors sudah rangkum berbagai fakta-fakta hal yang terjadi saat dan setelah konser BLACKPINK di Indonesia selesai. Simak di bawah ini!

Banyak Penonton Tidak Dapat Kursi

Pada konser BLACKPINK, banyak penonton yang rupanya mendapat nomor tiket ‘kursi gaib’. Maksudnya, mereka telah membeli tiket, tetapi tidak mendapati ketersediaan kursi pada saat konser berlangsung, Kawula Muda! Salah satu korbannya yakni Melly Goeslaw, seorang musisi asal Indonesia. Berita lengkapnya dapat lo baca lewat tautan ini.

Melihat keluhan tersebut, Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN) angkat suara. Mengutip Prambors, mereka menyatakan siap menindaklanjuti keluhan konsumen yang merasa dirugikan saat menonton konser idola mereka tersebut. Bagi yang juga merasa dirugikan, lo dapat melaporkannya dengan menelpon di nomor 153, ya Kawula Muda. 

Polisi Usut Penipuan Konser BLACKPINK

Menghadapi banyaknya keluhan penonton mengenai tiket palsu konser BLACKPINK, polisi pun mulai melakukan penyelidikan. Adapun hal tersebut terkait dengan maraknya jasa titip (jastip) hingga calo tiket konser yang melakukan penipuan. 

Kasus ini pun bermula kala adanya laporan korban yang mengaku ditipu oleh akun @mbajastip_ dengan kerugian RP 12 juta. 

"Kami menghimbau untuk segera membuat laporan. Langkah penyidik sudah menghubungi para korban untuk membuat laporan ke Polda Metro Jaya,” Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Senin (13/03/2023). 

Keluarga Menteri Airlangga Foto Bersama BLACKPINK

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto dan keluarga foto bareng dengan BLACKPINK usai mereka konser di Jakarta (INSTAGRAM/yanti.airlangga)

  

Tak lama setelah konser tersebut selesai, perhatian warganet tersita oleh foto keluarga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, yang berfoto bersama anggota BLACKPINK. Pada foto tersebut, terlihat keluarga besar Airlangga berdiri di depan Lisa, Jisoo, Rose, dan Jennie. 

Tak hanya itu, istri Airlangga, Yanti, juga sempat membagikan lokasi ‘spesial’ tempat mereka menonton konser BLACKPINK. Adapun hal tersebut membangkitkan beragam komentar dari para warganet yang dapat lo baca di sini ya, Kawula Muda! 

Diramaikan Artis Lokal Indonesia

Selebriti Indonesia, Nagita Slavina, menonton konser BLACKPINK di Jakarta, Indonesia (INSTAGRAM/RAFFINAGITA1717)

  

BLACKPINK merupakan girl group Korea Selatan yang banyak disukai masyarakat internasional, tak terkecuali para artis lokal Indonesia. Pada Sabtu hingga Minggu kemarin, terlihat banyaknya para artis yang juga mengunggah momen mereka kala menonton konser BLACKPINK secara langsung. 

Beberapa artis yang diketahui datang ke konser tersebut adalah Nagita Slavina, Shenina Cinnamon, Dian Sastro, Vidi Aldiano, Ayu Ting Ting, hingga Ayu Dewi. Tak lupa, mereka juga datang bersama keluarga, pasangan, hingga rekan satu tim-nya loh, Kawula Muda! Ramai sekali ya! 

‘Cuan’ yang Diraih Konser BLACKPINK

Dokumentasi meriahnya pink ocean dari para BLINK pada konser BLACKPINK Jakarta (PRAMBORS/HELEN)

  

Konser yang bertajuk “Born Pink World Tour” oleh BLACKPINK rupanya menggenjot perekonomian Indonesia besar-besaran. Diungkap oleh Menteri Sandiaga Uno lewat akun Instagramnya, lebih dari 130 penonton menghadiri konser tersebut. Walau tidak diketahui jumlah keuntungannya secara pasti, konser tersebut diperkirakan menghasilkan cuan hingga lebih dari 200 miliar rupiah. 

Tak hanya itu, para UMKM di sekitar kawasan GBK juga ‘terciprat’ cuan tersebut. Misalnya saja para penjual pernak pernik BLACKPINK seperti bando, kipas, hingga banner yang banyak ditemui di area GBK ketika konser berlangsung. Hotel dan tempat makan di wilayah tersebut juga mengalami lonjakan tamu pada masa konser BLACKPINK, Kawula Muda! 

Stadion GBK Rusak 

Ketua umum PSSI, Erick Tohir, mengecek kondisi rumput SUGBK yang rusak (PSSI)

  

Seusai konser yang dinanti-nanti oleh para BLINK tersebut, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir melakukan inspeksi menyeluruh di seluruh stadion. Hal ini dilakukan jelang diadakannya audit ulang oleh FIFA pada 21-27 Maret mendatang untuk kesiapan Piala Dunia U20 2023.

Erick mengungkap kondisi rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sangat memprihatinkan. Terjadi penurunan tinggi rumput di lapangan akibat terus terinjak serta banyaknya rumput kering yang telah menguning. Karena itu, kini SUGBK dilarang untuk dipakai oleh event apapun hingga Piala Dunia U20 2023 selesai. Informasi selengkapnya juga dapat dibaca lewat tautan ini. 

Itu dia deretan fakta-fakta yang terjadi usai konser BLACKPINK terlaksana sepekan yang lalu.

Berita Lainnya