"One Piece" akan Hiatus Sebulan karena Eiichiro Oda Jalani Operasi Mata

Nakama, kita doakan kesehatan untuk Oda, ya!

Manga One Piece akan hiatus sebulan karena Eiichiro Oda jalani operasi mata (TOEI ANIMATION)
Wed, 07 Jun 2023

Kawula Muda, kabar sedih untuk para Nakama (sebutan ‘rekan’ dalam manga One Piece), Eiichiro Oda, sang komikus sekaligus kreator manga One Piece mengumumkan jika manga One Piece bakal hiatus selama satu bulan.

Melansir Anime News Network, manga One Piece akan hiatus mulai 19 Juni hingga 18 Juli dari majalah Weekly Shonen Jump.

Hal ini dikarenakan Eiichiro Oda akan menjalani operasi mata, Kawula Muda.

Eiichiro Oda diketahui akan menjalani operasi astigmatisme, yakni kondisi di mana adanya gangguan penglihatan mata yang disebabkan lengkungan lensa atau kornea yang membuat kedua mata Eiichiro Oda menjadi terdistorsi dan kabur.

Eiichiro Oda mengaku, kondisi ini memengaruhi pekerjaannya terganggu sebab penglihatannya menjadi kabur, Kawula Muda.

"Hal ini mengganggu pekerjaan saya. Saya telah mendiskusikannya dengan editor sampai pemimpin redaksi Shonen Jump sejak tahun lalu dan akan mengambil cuti 4 minggu," terangnya.

Dalam pengumumannya melalui tim manajemen di akun Twitter, Oda masih tetap berkelakar mengenai kondisi kesehatannya, Kawula Muda.

“Aku akan bisa keluar dari mataku,” tulisnya disertai emoticon tertawa.

Komik One Piece sendiri akan kembali dijadwalkan untuk majalah Weekly Shonen Jump edisi ke-33.

Saat ini, selama lebih dari dua dekade, One Piece sudah memiliki lebih dari 1000 episode manga. Selama menggarap One Piece, Oda diketahui kerap mengeluh mengenai kondisi kesehatan yang diakibatkan pola hidupnya saat sedang sibuk menggarap komik.

Sebelumnya, Oda juga pernah meliburkan One Piece selama sebulan tahun lalu.

Para penggemar setia One Piece pun memberikan dukungan kepada Oda, Kawula Muda. Mereka berharap, Oda bisa selalu sehat dan terus melanjutkan komik One Piece.

Saat ini, One Piece bisa dinikmati dalam bentuk manga (komik), anime (serial), dan film yang biasanya ditayangkan beberapa tahun sekali. 

Sejak tahun 2008, One Piece adalah seri manga shonen (pembaca pria) yang memegang predikat volume penjualan paling banyak. Di posisi kedua ada Attack on Titan dengan 34 volume, dan Naruto di tempat ketiga dengan 31 volume.

Manga One Piece bisa dibaca secara legal di aplikasi Shonen Jump. Animenya pun tengah berada di klimaks pertarungan Negara Wano, serta bisa ditonton di platform Crunchyroll.

Tahun lalu, film One Piece Red di Jepang mencatatkan kesuksesan besar sebagai film berpendapatan tertinggi kedelapan sepanjang masa di Jepang. Selain itu, film tersebut juga menduduki puncak box office Jepang 2022 dalam hal penjualan tiket dan keuntungan.

Tahun ini, Netflix akan menayangkan adaptasi manga One Piece ke dalam bentuk live action.

Cepat sembuh, Oda!

Berita Lainnya