Sinopsis Serial Netflix "Queen Cleopatra" yang Tuai Kontroversi

Kawula Muda udah lihat trailernya belum?

Netflix rilis film dokumenter "Queen Cleopatra" yang tuai kontroversi warganet (NETFLIX)
Mon, 17 Apr 2023

Netflix sudah merilis trailer serial dokumenter yang berjudul "Queen Cleopatra" yang diproduseri oleh Jada Pinkett Smith. Sinopsis serial ini mengambil kisah tentang kehidupan Sang Ratu.

Serial dokumenter "Queen Cleopatra" menceritakan tentang kisah perjuangan Ratu Mesir Kuno yang dikenal sebagai pemimpin yang sangat cantik. Serial akan lebih berfokus pada kecerdasan Cleopatra dalam melindungi negaranya.

Sebagai pemimpin perempuan, Cleopatra akan dibuat sebagai sosok yang disegani, cerdas, kuat, dan ahli dalam berpolitik.

Netflix rilis film dokumenter "Queen Cleopatra" yang tuai kontroversi warganet (NETFLIX)

 


Semua orang pun menginginkan kekuasaan dan otoritas yang ia miliki. Namun karena kekuatannya sangat diperlukan, dirinya tak membiarkan siapapun dengan mudah untuk menurunkan dari Tahta.

Dalam trailer pertama yang dirilis, Cleopatra akan berjuang untuk menjaga keutuhan negara yang dicintainya dengan segenap keahlian berpolitik yang dimilikinya.

Serial "Cleopatra" diperankan oleh beberapa pemain yakni Adele James (Cleopatra), John Partridge (Julius Caesar), Craig Russell (Mark Antony), Michael Greco (Pothinus).

Serial "Queen Cleopatra" Tuai Kontroversi

Munculnya trailer serial "Queen Cleopatra" ternyata menimbulkan banyak kontroversi, Kawula Muda. Di media sosial, banyak warganet yang memperdebatkan tentang pemeran Ratu Cleopatra yang digambarkan sebagai perempuan berkulit hitam yakni Adele James.

Mereka mengatakan, bahwa film tersebut untuk mempromosikan Afrocentrism yaitu ideologi untuk mendukung orang Afrika-Amerika.

Pasalnya, dalam beberapa penelitian mengklaim bahwa Firaun dan orang Mesir kuno sepenuhnya berkulit hitam. Orang Mesir memiliki jejak DNA sebagian besar sebagai etnis Mesir dan orang Arab.

Sementara itu, Cleopatra merupakan seorang Makedonia Yunani yang merupakan Ratu terakhir dari dinasti Ptolemaeus di Mesir.

Warganet pun menilai bahwa Netflix memberikan sejarah yang salah pada sosok Ratu Cleopatra tersebut.

Melansir dari Dailytimes, banyak para warganet mengutarakan kritikannya terutama mengenai Ratu Cleopatra yang tidak ada koneksi dengan kulit hitam dan berasal dari Yunani.

Melansir lama Daily Times, ribuan orang telah melakukan tanda tangan petisi online agar dokumenter tersebut tidak tayang.

"Dia (Cleopatra) lahir di Alexandria, Mesir, di dinasti Ptolemaeus dari keturunan Yunani. Dia TIDAK berkulit hitam. ini sama sekali bukan melawan orang kulit hitam, hanya saja peringatan untuk melestarikan sejarah dan integritas orang Mesir dan Yunani," ungkap media tersebut.

Walau demikian, serial "Queen Cleopatra" akan dijadwalkan tayang di Netflix pada 10 Mei 2023 mendatang dengan empat episode.

Berita Lainnya