Will Smith Dilarang Menghadiri Oscar selama 10 Tahun

Tapi, Will Smith masih bisa masuk nominasi di Oscar berikutnya, kok.

Will Smith memenangi penghargaan Oscar 2022 untuk kategori Best Actors. (TWITTER/E-NEWS)
Sat, 09 Apr 2022

Melihat aksi tamparan aktor Will Smith kepada Chris Rock saat acara penghargaan Oscar beberapa waktu lalu, Pihak Academy Awards tidak mengizinkan Will Smith untuk menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan.

Larangan tersebut disampaikan oleh Academy of Motion Picture Arts & Science dalam sebuah pernyataan di laman CNN pada Jumat, 8 April 2022.

"Dewan telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Smith tidak diperkenankan untuk menghadiri acara atau program penghargaan apa pun, baik secara langsung atau virtual, termasuk Academy Awards," terang Presiden Akademi, David Rubin dan CEO Dawn Hudson.

Will Smith tampar Chris Rock di atas panggung Oscar 2022 (DOK.ISTIMEWA)

 

"Untuk ini, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga Akademi kami di seluruh dunia, dan kami gagal. Kami tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Pihak Akademi juga menambahkan dalam keterangannya bahwa acara penghargaan Oscar bertujuan untuk perayaan oleh aktor dan aktris yang telah melakukan pekerjaan luar biasa. Akan tetapi, Will Smith menunjukkan aksi yang tidak dapat diterima dan berbahaya.

Keputusan itu telah dirunding dan dibuat dalam rapat Dewan yang diadakan di Los Angeles pada 8 April 2022. Sebenarnya, jadwal pertemuan Dewan dipercepat dari tanggal penentuan awal di 18 April lantaran Will Smith mengumumkan pengunduran dirinya dari Akademi minggu lalu.

Suami dari Jada Pinkett Smith itu pun merespon tentang larangan kehadirannya di Oscar. "Saya menerima dan menghormati keputusan Akademi," tuturnya dalam sebuah pernyataan.

Walau Smith sudah dinyatakan tidak bisa berpartisipasi lagi dalam Oscar, aktor tersebut masih tetap dapat dinominasikan di tahun yang akan datang.

Berita Lainnya