Sejarah Perayaan National Girlfriend Day yang Diperingati tiap 1 Agustus

Jangan lupa ucapkan Girlfriend Day ke sahabat perempuan kalian, ya, Kawula Muda!

Ilustrasi persahabatan antar perempuan (UNSPLASH/SIMON MAAGE)
Tue, 01 Aug 2023

National Girlfriends Day diperingati setiap 1 Agustus. Perayaan yang terdengar tak asing ini ternyata memiliki arti dan sejarah yang unik, Kawula Muda.   

Girlfriends Day sendiri adalah perayaan yang menjadi populer di Amerika Serikat yang diperingati setiap 1 Agustus untuk merayakan hari persahabatan antara perempuan. Perayaan ini cukup berbeda dari Boyfriend Day yang merupakan hari untuk kekasih atau pasangan.  

Meski demikian, banyak juga orang-orang yang mengartikan hari ini sebagai perayaan untuk kekasih, yang dibalas dengan perayaan Boyfriends Day setiap tanggal 3 Oktober.

Ilustrasi Sahabat. (Shutterstock)

Tidak ada catatan pasti siapa yang memelopori awal mula pertama kali adanya Girlfriend Day. Dilansir dari National Today, Susan, blogger sosialita mempopulerkan istilah Girlfriends Day pada 2004 lalu. 

Susan membuat tanggal 1 Agustus sebagai hari khusus untuk memperingati hari persahabatan perempuan. Awal mula tujuan Susan adalah untuk mengutarakan rasa terima kasih dan cinta satu sama lain. 

Namun, jauh sebelum itu, persahabatan perempuan sudah ada sejak jaman dulu. Bisa dikatakan gerakan dari persahabatan perempuan terikat pada tahun 1860an, di mana saat itu terdapat kelompok bernama The Edinburgh Seven, kelompok perempuan yang berjuang bersama untuk bisa masuk ke sekolah kedokteran pada di Inggris. 

Walaupun mereka akhirnya dilarang untuk lulus dan menjadi dokter, tapi pergerakan ini jadi salah satu dorongan untuk mengedepankan hak perempuan dalam agenda nasional. Akhirnya, pada 1876 perempuan diizinkan untuk mendapat pendidikan di universitas tersebut.

Ada pula pendapat lain seperti dikutip dari laman Holydays Calendar, selain Susan pengumuman resmi pertama kali Girlfriend Day dibuat oleh sosok penulis ibu dan anak, yaitu Kathleen Laing dan Elizabeth Butterfield pada tahun 2002.

Tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2022, sama dengan peluncuran buku karya ibu dan anak yang berjudul Girlfriends' Getaway

Walaupun tak diketahui pasti siapa yang menciptakan hari persahabatan tersebut, tetap saja banyak masyarakat yang antusias untuk merayakan dan seiring berjalannya waktu, perayaan National Girlfriends Day tak hanya dirayakan di Amerika dan sekitarnya tetapi banyak negara-negara lain yang ikut merayakan.

Berita Lainnya