Daftar Kampus Indonesia yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Bisa jadi referensi lo, nih Kawula Muda.

Kampus Indonesia yang lulusannya mudah dapat kerja versi QS GER (DOK UI)
Thu, 22 Jun 2023

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah adalah dengan melihat reputasi perguran tinggi atau kampus dan pemilihan jurusan atau program studi, apalagi dengan melihat lulusan paling cepat dapat kerja.

Dalam skema pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings (GER) tahun 2022, QS melakukan pemeringkatan daftar perguruan dengan alumnus yang paling dicari dalam dunia kerja dengan kelengkapan harga skill, soft skill dan kualitas pengetahuan.

Pemeringkatan QS GER 2022 ini menggunakan beberapa indikator sebagai berikut:

- Partnerships with Employers per Faculty (25%)

- Graduate Employment Rate (10%)

- Employer/Student Connections (10%)

- Alumni Outcomes (25%)

- Employer Reputation (30%).

Kawula Muda, berikut adalah delapan Kampus yang lulusannya mudah dapat kerja versi QS GER 2022 beserta peringkat dunia masing-masing kampus dilansir dari QS University Ranking 2023.

1. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Kampus Indonesia yang lulusannya mudah dapat kerja versi QS GER (KOMPAS)

 

Peringkat dunia: 801

UNDIP memiliki 11 fakultas sebagai berikut: Fakultas Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kedokteran, Ekonomika dan Bisnis, Hukum, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Psikologi, Peternakan dan Pertanian, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, Sains dan Matematika. UNDIP juga membuka Sekolah Vokasi dan Pasca Sarjana.

2. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 290 

Selanjutnya ada UI yang memiliki beberapa program yaitu sarjana, pascasarjana, dan internasional. Program Studi yang dibuka di Perguruan Tinggi ini di antaranya adalah Akuntansi, Arkeologi, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Ekonomi Islam, Ilmu Perpustakaan, Kriminologi, Kedokteran, Sastra Belanda, Sastra Jerman, Teknik Industri, sampai Arsitektur.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Peringkat dunia: 396

Berikutnya adalah kampus yang terletak di Surabaya yakni UNAIR. Di kampus ini, fakultas yang dibuka antara lain Fakultas Kedokteran Gigi, Kedokteran, Farmasi, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan, dan sebagainya.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat dunia: 235

Di kampus ITB ini, mahasiswa dapat memilih Prodi sesuai minatnya seperti Teknik Mesin, Teknik Industri, Meteorologi, Astronomi, Aktuaria, Teknik Geologi, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Teknik Lingkungan, Manajemen, Rekayasa Kehutanan, hingga Teknik Elektro.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 231

Kampus UGM juga menjadi salah satu kampus yang mahasiswanya bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Beberapa fakultas di UGM antara lain Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Kehutanan, MIPA, Pertanian, Teknik, Teknologi Pertanian, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Biologi, Farmasi, Geografi, Filsafat, dan lain sebagainya.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Peringkat dunia: 701-750

Selanjutnya ada ITS yang memiliki sejumlah Prodi yakni Statistika, Aktuaria, Teknik Kimia, Teknik Sistem dan Industri, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Transportasi Laut, Teknik Lepas Pantai, Teknik Biomedis, Desain Produk, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Studi Pembangunan, dan lainnya.

7. Universitas Bina Nusantara (Binus University)

Peringkat dunia: 1001-1200

Kampus swasta yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia ini memiliki Prodi antara lain Manajemen Bisnis, Global Business Marketing, Business Creation, Teknik Sipil, Computer Science-Software Engineering, Creativepreneurship, Data Science, Sistem Informasi, Arsitektur, Business Analytics, Film, Keuangan, Hukum, Sastra Jepang, Interactive Digital Media (internasional), Desain Interior, dan sebagainya.

8. Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat dunia: 801-1000

Terakhir ada kampus Brawijaya yang Kawula Muda bisa pilih dengan fakultas yang menarik yaitu Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Peternakan, Teknik, Perikanan dan Ilmu Kelautan, MIPA, Teknologi Pertanian, Ilmu Komputer, Kedokteran, hingga Kedokteran Gigi.

Demikianlah 8 kampus yang lulusannya mudah dapat kerja versi QS GER 2022.

Berita Lainnya