Hati-Hati, Circle Pertemanan dengan Ciri Ini Bisa Bikin Kita Susah Kaya Lho!

Hai Kawula Muda, selektif memiliih teman itu penting loh.

Ilustrasi teman (UNPLASH)
Tue, 06 Sep 2022


Thomas Corley dalam buku yang ditulisnya Change Your Habits, Change Your Life: Strategies that Transformed 177 Average People into Self-Made Millionaires mengatakan, "Dalam hidup, Anda hanya akan sukses jika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat."

Sepertinya kata-kata itu tepat sekali ya untuk menggambarkan pentingnya memilih teman. Karena memilih teman yang salah bisa menjerumuskan kita dalam kebobrokan finansial. Bahkan akhirnya kita pun jadi susah kaya dan terus berada di kelas ekonomi yang sama selama bertahun-tahun.

Nah, membahas tentang ini, ada lho jenis teman yang ternyata sebaiknya kita hindari. Alasannya, karena mereka bisa jadi kita susah kaya. Circle teman seperti apa saja kah itu? Berikut, beberapa di antaranya yang sebaiknya kita hindari.

1. Gaya hidup yang berbeda

Jangan memaksakan untuk urusan gaya hidup. Usahakanlah berada di circle pertemanan dengan gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan kita. Jangan ikut-ikutan membeli barang tertentu atau hang out di tempat mahal hanya karena semua orang di circle kita melakukannya. Itu kalau kita tak mau kondisi keuangan jadi terpuruk ya.

Ilustrasi pertemanan. (FREEPIK)

  

2. Penuh dengan alasan

Menggunakan kemalasan atau gengsi sebagai alasan adalah salah satu penghalang terbesar untuk meraih kekayaan. Circle pertemanan yang seperti ini harus dihindari ya, terutama yang menjadikan prinsip "hidup itu harus dinikmati" sebagai alasan untuk bersenang-senang dan tidak mengalokasikan sebagian pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan.

3. Selalu mengeluh

Orang yang selalu mengeluh akan memiliki pikiran negatif dan sulit untuk mencoba hal baru karena yang dipikirkannya hanya hal-hal terburuknya saja. Berteman dalam circle seperti ini hanya akan membuat kita tidak berani melangkah maju dan hal inilah yang menghambatmu untuk jadi orang kaya.

4. Tak suka kalau kita berkembang

Tidak semua teman itu senang melihat kita maju. Contohnya, ketika kita ingin melanjutkan pendidikan, merekalah yang mengatakan bahwa itu tidak sepadan dengan uang atau waktu. Bahkan ketika kita ingin berbisnis pun mereka akan mengatakan kalau bisnis itu sulit.

Jelas, circle yang seperti ini harus dihindari ya kalau kita ingin sukses dan terus berkembang.

5. Suka berbohong

Kejujuran adalah mata uang yang paling berharga. Dan orang sukses akan mengelilingi diri mereka dengan teman-teman yang dapat dipercaya dan juga memberikan umpan balik yang jujur. Bahkan jika hal itu adalah sesuatu yang tidak ingin kita dengar, umpan balik yang jujur lebih berharga daripada kebohongan. Karena dapat membantu kita memperbaiki masalah atau kebiasaan negatif yang tidak pernah kita sadari sebelumnya.

Jadi, mulai sekarang lebih selektif ya memilih circle pertemanan ya, Kawula Muda.

Berita Lainnya