Jangan Arogan! Simak Etika Nonton Konser Musik yang Wajib Lo Taati

Biar enggak ada drama-drama pas lagi konser, nih.

Etika menonton konser K-pop yang wajib diketahui (PR AGENCY THAILAND)
Fri, 17 Mar 2023

Bagi penikmat K-pop, menonton konser idol favoritnya adalah salah satu yang paling dinantikan oleh penggemarnya. Apalagi saat ini, sudah banyak konser K-pop dari berbagai idol yang berdatangan ke Indonesia.

Melihat konser BLACKPINK BORN PINK yang telah digelar di Jakarta minggu lalu, terdapat beberapa keluhan oleh sesama penonton yang tidak bisa menonton konser dengan nyaman. Mulai dari banyak yang berdiri di atas kursi, mengangkat ponsel tinggi-tinggi, dan lainnya.

Sebenarnya, untuk menonton konser K-pop ada beberapa aturan dan etika yang harus dilakukan, loh Kawula Muda.

Adanya etika ini dilakukan agar bisa menonton konser dengan nyaman serta tidak mengganggu penonton lainnya di tengah euforia konser yang seru.

Berikut adalah etika nonton konser yang wajib lo ketahui:

Etika menonton konser K-pop yang wajib diketahui (KLOOK)

1. Mengantre dengan Tertib

Bagi penonton yang sudah memiliki tiket konser, dipastikan bisa masuk ke venue dan menonton langsung aksi panggung idol favoritnya. Maka dari itu, lo harus mengantre dengan tertib.

Tidak perlu mendorong-dorong atau berlarian kepada penonton lainnya untuk menghindari risiko terjatuh. Jika mengantre dengan tertib, lo pun bisa dengan nyaman memasuki venue dengan tidak perlu capek-capek kewalahan akibat dorong-dorongan.

2. Jangan Angkat Ponsel atau Banner Terlalu Tinggi

Etika selanjutnya mungkin sering ditemukan di konser-konser selain K-pop. Namun, di konser K-pop, mengangkat ponsel terlalu tinggi adalah etika yang sangat tidak baik.

Walaupun ada momen idol lo yang sedang beraksi di atas panggung dan ingin diabadikan, mengangkat ponsel tinggi bisa menghalangi pandangan penonton di belakang.

Cukup angkat ponsel atau banner lo sebatas mata atau eye level, agar penonton lain juga bisa nonton dengan nyaman!

3. Jangan Bawa Lightstick Grup Lain

Setiap grup idol memiliki lightstick sendiri-sendiri, maka dari itu, buat lo yang mau datang ke konser idol K-pop jangan membawa lightstick dari grup lain, ya.

Ini juga menghargai idol lo yang sedang konser. Jika lo belum memiliki lightstick dari idol yang lo suka, tidak masalah dan masih tetap bisa menikmati konser dengan seru.

4. Dilarang Bawa Spanduk Tak Beretika

Banyak penonton dalam konser K-pop yang membawa banner atau spanduk agar bisa ter-notice atau dilihat oleh idol mereka dari panggung.

Sebenarnya, ini tidak masalah, Kawula Muda. Akan tetapi, harus diperhatikan lagi bahasa dan tanda yang lo tulis di banner. Jangan sampai membuat penonton lain dan idol sampai tidak nyaman.

5. Hargai Setiap Idol K-pop yang Berbicara

Biasanya, setiap idol tampil konser, mereka tidak lupa untuk menyapa penonton yang hadir seperti memperkenalkan diri dan lainnya.

Ketika mereka berbicara, cobalah untuk menghargai dan memberikan mereka waktu sejenak, ya.

6. Tidak Berteriak Setiap Saat

Etika terakhir yang wajib lo ketahui saat nonton konser K-pop adalah mengetahui waktu yang pas untuk berteriak dan bersorak.

Berteriak setiap saat tentu akan mengganggu baik penonton lain ataupun idol yang sedang tampil.

7. Jangan Lempar Barang Sembarangan ke Idol

Memberikan barang sebagai gift ke idola kita memang hal yang menyenangkan. Terlebih lagi jika hadiah tersebut dipakai oleh sang idola. 

Tetapi, sebagai penggemar yang berintegritas lo harus tahu ya Kawula Muda, kapan waktu yang tepat untuk memberikan barang kepada idola lo, terlebih jika mereka sedang bernyanyi di atas panggung. Jangan sampai barang yang lo berikan malah melukai idol.

Itu dia beberapa etika nonton konser K-pop yang perlu diketahui. Semoga lo bisa nonton idol K-pop favorit segera mungkin, ya Kawula Muda!

Berita Lainnya