Orang Kaya dan Miskin Bisa Dilihat Dari Wajah, Gimana Caranya?

Wajah kalian termasuk yang mana nih Kawula Muda?

Ilustrasi tempat umum kota di Jepang. (FREEPIK.COM)
Tue, 12 Sep 2023

Kawula Muda ternyata perbedaan orang kaya dan miskin dapat dilihat melalui wajah, loh.

Sebuah jurnal bertajuk Jurnal of Personality and Social Psychology yang terbit pada tahun 2018 telah membuktikan bahwa profil seseorang dapat dilihat dari raut wajah setiap individu. 

Menurut penelitian, secara umum manusia yang memiliki banyak uang cenderung lebih bahagia dan santai jika dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kekurangan dalam masalah keuangan.

Secara umum, wajah orang yang tidak kaya akan terlihat cemas dan tidak bebas berekspresi atau terlihat lebih murung dari wajah orang yang memiliki banyak uang. 

Hal yang dapat dilakukan untuk melihat perbedaan wajah orang kaya atau tidak bisa dengan melakukan uji coba dalam studi yang dipaparkan dalam jurnal tersebut.

Tahap pertama peneliti akan memilih subjek foto hitam dan putih dengan ekspresi netral tanpa menggunakan aksesoris apapun yang terdiri dari 80 foto pria dan 80 foto perempuan. 

Dalam foto tersebut terdapat 50 persen foto orang dengan status sosial menengah ke atas dan 50 persennya lagi menengah ke bawah atau kelas pekerja. 

Langkah kedua adalah foto tersebut ditunjukkan kepada masyarakat luas untuk menebak kelas sosial dari masing-masing orang dalam foto tersebut.

Siapa sangka ternyata 68 persen menjawab kelas sosial dari foto yang tersaji dengan benar dan ketika ditanya mengapa tebakannya bisa benar mereka juga tidak tahu karna mereka tak menyadari bagaimana cara mereka bisa menebak dengan benar.

Ilustrasi perbedaan wajah orang kaya vs orang miskin (Spring)

Selanjutnya para peneliti akan memperbesar gambar foto wajah tersebut dan hasilnya para responden tetap bisa membedakan dan menebak dengan benar hanya berdasarkan melihat dari mata dan mulut saja. 

Berdasarkan hal ini, peneliti menyimpulkan kemungkinan status sosial dapat dilihat karena pola emosi yang dapat terlihat di wajah orang dari waktu ke waktu. 

"Seiring waktu, wajah Anda secara permanen mencerminkan dan mengungkapkan pengalaman Anda. Bahkan ketika kita berpikir kita tidak mengekspresikan sesuatu, ekspresi emosi itu masih ada di sana," penjelasan salah satu seorang peneliti, Nicholas O. Rule.

"Persepsi kelas sosial berbasis wajah mungkin memiliki konsekuensi hilir yang penting. Orang-orang berbicara tentang siklus kemiskinan dan ini berpotensi menjadi salah satu penyebabnya," Lanjut Rule.

Ekspresi wajah kebahagiaan dan kepuasan atau sebaliknya dapat terlihat sejak dini, loh Kawula Muda. Menurut lo, dari foto di atas, foto kelompok A atau B yang termasuk dalam kelas sosial orang kaya?

Berita Lainnya