Selain Red Flag, Ini Arti Yellow Flag dan Green Flag dalam Hubungan Asmara

Apa itu Yellow Flag dan Green Flag? Simak Penjelasannya!

Konflik Hubungan Asmara (UNSPLASH/afiframdhasuma)
Fri, 16 Jun 2023

Ketika sebuah asmara terjalin, pasti tidak akan lepas dari sebuah konflik yang terjadi di antara kedua belah pihak. Layaknya kedua pemikiran yang disatukan, pasti akan adanya perbedaan, seperti pendapat hingga perlakuan.

Saat ini, tidak heran banyak bermunculan istilah-istilah yang ada dalam sebuah hubungan asmara. Salah satunya, flag atau diartikan dengan penanda yang merujuk pada sebuah masalah yang ada di hubungan. Flag yang menjadi tanda waspada ini, akan menentukan apakah masalah di hubungan yang terjalin dapat ditoleransikan atau tidak.

Biasanya, banyak dari para pasangan yang menggunakan red flag untuk ketidaksukaannya dalam sebuah hubungan dan menginginkan segera diakhiri. Masalah red flag ini beragam seperti, perselingkuhan, kekerasan baik secara verbal maupun non-verbal hingga perilaku manipulatif.

Namun, tahukah Kawula Muda, jika flag tersebut terbagi jadi tiga jenis dan bukan hanya red flag saja? Simak penjelasa tentang yellow flaggreen flag dan red flag di bawah ini.

Yellow Flag

Yellow flag bisa diartikan seperti lampu lalu lintas yang artinya waspada dan bersiap-siap. Sama halnya didalam sebuah hubungan, Yellow flag ini merupakan suatu kasus dengan masalah yang sedikit mengganggu, dan sekiranya sedikit berdampak buruk bagi diri sendiri dan hubungan sehingga, namun masih dapat terselesaikan dengan komunikasi dua arah yang terbuka.

Permasalahan yang sering dilakukan dalan Yellow flag ini, seperti berikut.

1. Ketidakpekaan

2. Perbedaan rencana dan pendapat

3. Keraguan pasangan

4. Tidak ada keterbukaan mengenai latar belakang pasangan dan keluarganya, dsb.

Green Flag

Ilustrasi Green Flag (PIXABAY/hydrocat)

 

Green flag yang identik dengan warna hijau ini, sudah secara logika memiliki arti konotasi positif terutama dalam hubungan. Green flag menandakan sebuah hubungan yang sehat. Sehat dalam artian hubungan ini memiliki banyak hal-hal menyenangkan yang disepakati bersama walau mungkin kesukaan dari masing-masing individu berbeda, namun dalam hubungan ini keduanya memiliki porsi yang pas untuk berbagi kesenangan.

Hubungan dengan Green flag ini, merupakan hubungan yang membangun komunikasi terbuka, serta tidak adanya perilaku buruk dari pasangan. Kesetiaan pada hubungan akan terjalin dengan sangat kuat apabila kedua pasangan dapat menjalankan hubungan dengan baik.

Red Flag 

Apa itu red flag dalam hubungan? Simak penjelasannya! (SHETHEPEOPLE)

 

Suatu hubungan dapat dikatakan memiliki red flag ketika ditemukan tanda-tanda yang mengkhawatirkan, seperti tidak jujur, rasa cemburu yang ekstrem, posesif berlebihan, hingga kecurigaan tidak mendasar.

Tidak hanya itu, melansir Forbes Health, red flag dalam hubungan juga dapat dilihat melalui perilaku untuk mendapatkan kendali atau kekuasaan atas pasangan dan hubungan tersebut, Kawula Muda. Selain itu, love bombing atau mengungkapkan cinta secara berlebihan termasuk red flag.

John dan Julie Gottman, dua psikolog dan peneliti klinis terkenal mengatakan jika red flag dalam hubungan dapat diketahui sejak awal ketika hubungan tersebut kerap menyebutkan kalimat ‘kamu tidak pernah...’ atau ‘kamu selalu...’, loh!

Sebagai contoh, pasangan lo ketika bertengkar selalu menyalahkan lo sepenuhnya dan bukan mencari jalan keluar, seperti "Kamu tidak pernah mengerti aku." atau "Kamu selalu benar, aku yang salah."

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang red flag, lo bisa cek dalam artikel ini.

Kawula muda, Itulah penjelasan dari Yellow Flag dan Green Flag dan Red Flag yang bisa lo pelajari sebelum menjalani sebuah hubungan asmara.

Berita Lainnya