Tips Memilih Kursi Kereta Api yang Nyaman dan Enak untuk Perjalanan Luar Kota

Siapa yang suka bepergian naik kereta api?

Tips memilih kursi kereta posisi nyaman dan enak (PRAMBORS/Fajrina Nadya)
Fri, 26 May 2023

Kereta api menjadi salah satu pilihan transportasi untuk bepergian, terutama untuk jarak jauh. Selain terhindar dari macet dan jadwalnya tepat, biayanya pun tergolong tidak terlalu mahal.

Salah satu hal yang krusial saat melakukan perjalanan dengan kereta api adalah kursi. Kursi kereta api menjadi penting untuk dipikirkan, sebab akan memengaruhi kenyamanan lo selama perjalanan.

Untuk itu, kenali jenis atau macam kursi kereta api dan tips memilih kursi kereta api yang nyaman dan enak untuk perjalanan lo!

Mengenal Jenis Kelas Kereta Api dan Perbandingannya

Ilustrasi kursi kereta Kereta Api Indonesia (KAI). Tips memilih kursi kereta agar perjalanan nyaman. (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Kawula Muda, sebelum memesan tiket kereta api, hendaknya lo mengetahui jenis kelas kereta api agar lo bisa memilih kelas yang sesuai dengan keinginan lo.

1. Sleeper

Kelas Sleeper menjadi kelas paling mewah dari kelas kereta api lainnya.

Kursinya bisa lo atur hingga 140 derajat seperti tempat tidur dan diputar sampai 180 derajat. Selain itu, ada TV layar sentuh 12 inci di depan kursi, stopkontak, lampu baca, meja lipat, bantal, dan selimut.

Adapun harga kereta Sleeper saat ini dipatok sekitar Rp 1 jutaan per orang.

2. Prioritas

Hanya berisi 28 penumpang, kelas prioritas juga akan memberikan lo fasilitas, seperti makanan, toilet yang luas, dan juga mini bar. Tersedia juga TV dan kursi sekelas bisnis pesawat, Kawula Muda.

Adapun, kelas prioritas dibanderol mulai Rp 200.000-Rp 1 juta.

3. Panoramic

Kereta terbaru dari PT KAI nih, Kawula Muda. Jenis kereta ini menawarkan pemandangan eksklusif lewat atap kaca yang bisa membuat sinar matahari masuk ke dalam kereta.

Harganya dibanderol mulai Rp 375.00-Rp 1,12 juta. Tidak hanya itu, kelas ini juga menawarkan gerbong yang minim penumpang dan pramugara kereta api khusus.

4. Eksekutif

Kelas ini menawarkan tingkat kenyamanan terbaik. Jenis kelas ini menyediakan bantal yang selalu diganti, selimut, juga alas makan bak kursi pesawat.

Tidak hanya itu, dari segi durasi perjalanan pun lebih cepat dibandingkan kelas Ekonomi dan Bisnis. 

Untuk kapasitas penumpang, setiap gerbong pun hanya tersedia 50 kursi dengan susunan 2-2 di sisi kiri dan kanan. Kursi penumpang dirancang lebih privat dan besar. Tersedia juga pijakan kaki dengan jarak yang cukup luas antara kursi di depannya.

Kelas Eksekutif per orang berada di rentang Rp 145 ribuan sampai Rp 650 ribuan, bergantung pada jarak dan sub-kelas yang dipilih.

5. Bisnis

Kelas ini sedikit lebih mahal dari kelas ekonomi, namun lebih murah dari kelas eksekutif. Singkatnya, jenis kelas bisnis kereta api merupakan pilihan tengah untuk lo, Kawula Muda.

Susunan kursi 2-2 pada setiap baris di sisi kiri dan kanan. Posisi kursi duduk juga bisa diubah sesuai keinginan penumpang jika ingin berhadapan dengan kursi di depan atau belakangnya, seperti kelas eksekutif. 

Ruang antar baris tempat duduk satu dan lainnya cenderung lebih lebar sehingga membuat penumpang lebih nyaman.

Harga kelas Bisnis dibanderol mulai dari Rp 190 ribuan sampai Rp 330 ribuan per orang.

6. Ekonomi

Diketahui, kelas kereta ini memiliki pemberhentian yang lebih banyak di stasiun-stasiun kota kecil.

Perlu lo tahu, kelas ekonomi pun dibagi lagi ke dalam beberapa kelas, seperti ekonomi premium dan ekonomi saja.

Perbedaannya, kursi kereta ekonomi premium tidak berhadapan, hampir sama seperti kereta eksekutif namun ruangnya sedikit lebih sempit. Sedangkan, kursi kereta ekonomi berhadapan. Tidak hanya itu, biasanya, kursi kereta ekonomi ada yang bisa menampung sampai 6 orang.

Saat ini, PT KAI tengah mengubah kursi ekonomi premium menjadi lebih nyaman dan lebih luas, Kawula Muda!

Kelas ekonomi menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, selain karena murah, saat ini kereta ekonomi pun cukup nyaman, loh. Berbeda seperti zaman dahulu.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memodifikasi kursi dan interior kereta ekonomi (KAI)

 

Adapun, harga kelas Ekonomi berada di rentang Rp 30.000 sampai Rp 340 ribuan, tergantung jarak dan sub-kelas yang lo pilih.

Tips Memilih Kursi Kereta Api yang Nyaman

Simak tips ini untuk memilih kursi kereta yang nyaman dan enak di perjalanan lo (KAI ACCESS)

1. Posisi Duduk Searah

Kawula Muda, penting untuk memilih kursi searah kereta melaju. Memilih kursi yang berlawanan arah dengan jalannya kereta, bisa membuat mual. Dengan memilih arah kursi searah dengan laju kereta, selain enggak bikin mual, lo bisa menikmati pemandangan dengan maksimal.

Meski begitu, jika lo bepergian bersama orang lain hingga 4 orang, tidak ada salahnya lo memilih duduk berhadapan atau memutar kursi untuk pengalaman bepergian yang lebih maksimal.

2. Hindari Duduk dekat Bordes

Bordes atau sambungan gerbong adalah salah satu letak kursi kereta yang dihindari. Selain berdekatan dengan toilet, kursi kereta di dekat bordes juga merupakan tempat orang berlalu-lalang membuka dan menutup pintu. Suaranya yang cukup keras pun bisa saja mengganggu lo.

3. Pilih Dekat Jendela

Salah satu alasan orang untuk naik kereta adalah berlama-lama melihat pemandangan. Nah, bagi lo yang suka melihat pemandangan, posisi duduk dekat jendela di urutan A dan D bisa jadi pilihan.

4. Dekat dengan Gerbong Restorasi atau Restoran

Selain untuk meregangkan badan dalam perjalanan jauh, restorasi menjadi pilihan untuk lo menikmati perjalanan. Daripada menunggu pramugara kereta api menghampiri lo, cobalah untuk duduk di gerbong nomor lima atau enam dekat restorasi.

5. Perhatikan Pintu Keluar

Setiap gerbong memiliki pintu keluar yang berbeda. Tidak jarang, jika lo memilih gerbong paling ujung baik depan maupun belakang, akses untuk keluar menjadi lebih jauh. Hal ini akan menyulitkan lo yang harus berjalan cukup jauh ke pintu keluar stasiun di tengah. Jadi, lo disarankan memilih gerbong dengan nomor urut tengah. Hal ini agar lo tidak terlalu jauh berjalan menuju pintu keluar stasiun.

Berita Lainnya