6 Cara Mengetahui Judul Lagu dari Lirik dan Nada dengan Aplikasi Mudah

Cek di sini agar selalu update dengan judul lagu terbaru!

Sering mendengarkan lagu tapi tidak tahu judulnya? Coba 6 aplikasi mencari lagu di bawah ini (FREEPIK)
Mon, 21 Aug 2023

Jika mendengarkan sebuah lagu dan terasa enak, tentu para pendengar ingin mencari tahu judul lagu tersebut.

Terutama di tempat-tempat umum, banyak lagu yang sering diputar tapi tidak diketahui judulnya.

Tak jarang, hal tersebut membuat penasaran. Pasalnya, lagu yang enak didengar tentu ingin didengarkan kembali, bukan? 

Masalah tidak mengetahui judul lagu yang sedang didengar memang kerap dijumpai. Jika menemui masalah tersebut, jangan khawatir, Kawula Muda. Sebab, banyak cara untuk mengetahui judul lagu, mulai dengan mencari lirik hingga lewat nada suara.

Mencari dan mendeteksi lagu dengan mudah dengan beberapa aplikasi ini (FREEPIK)

Untuk mencari lagu tapi tidak tahu judulnya, ada beberapa cara yang bisa Kawula Muda lakukan.

Cara mencari lagu tapi tidak tahu judulnya bisa dimanfaatkan dengan beberapa aplikasi di bawah ini.

Aplikasi pencari lagu dengan suara dapat mendeteksi nada suara lagu yang tengah diputar dan mencari judulnya secara otomatis. Bahkan, cara ini bisa dilakukan saat konser musik atau festival musik, loh.

Penikmat musik akan dengan mudah mengetahui judul lagu yang tidak diketahui lewat beberapa aplikasi di bawah ini.

Simak beberapa cara mencari judul lagu dengan mudah lewat aplikasi dan layanan di bawah ini!

Cara Mencari Judul Lagu dari Suara atau Musik yang Terdengar 

Beberapa aplikasi dan layanan di bawah ini bisa lo manfaatkan untuk mencari tahu judul lagu yang sedang didengar. Bahkan, beberapa aplikasi memungkinkan untuk mencari judul lagu lewat potongan lirik lagu, loh.

1. Shazam

Shazam, salah satu aplikasi untuk tahu judul lagu dengan mudah (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Aplikasi Shazam adalah aplikasi paling populer untuk mencari tahu judul lagu. Cukup klik tombol ‘tap to Shazam’ yang muncul saat membuka aplikasi, Shazam akan langsung mendeteksi suara yang tengah berputar.

Selain gratis, Shazam memiliki kelebihan untuk mendeteksi suara bahkan saat sedang berada di konser atau festival musik.

2. Soundhound

Aplikasi pendeteksi lagu, Soundhound (TANGKAPAN LAYAR PRAMBORS)

Aplikasi lain untuk mencari tahu judul lagu yang tidak diketahui adalah dengan aplikasi Soundhound. Hampir sama seperti Shazam, pengguna hanya perlu klik tombol ‘listening’.

Nantinya, akan muncul informasi terkait lagu yang sedang dicari. Bahkan, para pengguna bisa mendengar lagu yang dicari untuk memastikan apakah lagu tersebut benar atau tidak.

3. Musixmatch

Mencari judul lagu dengan mendeteksi suara lewat Musixmatch (TANGKAPAN LAYAR PRAMBORS)

Aplikasi untuk mencari judul lagu dari suara selanjutnya adalah Musixmatch. Kawula Muda hanya perlu membuka aplikasi Musixmatch saat lagu sedang berputar dan Musixmatch akan menampilkan informasi lagu secara otomatis.

4. Genius

Mencari tahu judul lagu dengan suara atau lirik lagu di aplikasi Genius (TANGKAPAN LAYAR PRAMBORS)

Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu aplikasi terdepan dalam mencari lagu. Pasalnya, tidak hanya memiliki fitur utama yang serupa dengan aplikasi-aplikasi di atas, Genius memungkinkan pengguna untuk mencari tahu judul lagu lewat potongan lirik dan nama penyanyi.

Jadi, tidak hanya mendeteksi judul lagu berdasar suara yang tengah diputar, Genius juga bisa membantu pengguna untuk mencari judul lagu lewat lirik lagu.

Saat judul lagu ditemukan, Genius bakal memberikan informasi liriknya juga. Untuk mendapatkan aplikasi pencari lagu dengan suara ini, pengguna bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store.

5. Siri

Cara mengetahui judul lagu dengan Siri di iPhone atau iOS (TANGKAPAN LAYAR PRAMBORS)

Siri merupakan layanan asisten suara yang tersedia di seluruh perangkat iOS. Pengguna bisa memanfaatkan layanan Siri di iPhone, Mac, iPad, hingga Apple Watch untuk mengetahui judul lagu.

Caranya, aktifkan Siri dengan menyapanya, “Hai Siri,” lalu setelah Siri menjawab, perintahkan Siri untuk mencari tahu judul lagu dengan berkata, “Apa judul lagu ini?” atau “Do you know what song it is?”.

Nantinya, Siri akan mendengar dan mendeteksi suara atau musik yang ada dan menyajikan judul lagu kepada para pengguna. Sangat mudah terutama untuk lo yang malas mengunduh aplikasi!

Siri juga bisa langsung memutarkan lagu, mencari lirik, hingga menampilkan video klip dari lagu yang dicari loh! Cukup perintahkan Siri untuk mencari informasi terkait lagu tersebut saja.

6. Google Assistant

Ilustrasi mencari judul lagu dengan suara Google Assistant (URBAN DIGITAL)

Untuk pengguna Android, Google Assistant bisa dimanfaatkan untuk mencari judul lagu yang didengar.

Pengguna bisa mengaktifkan Google Assistant dengan memanggilnya. Sebutkan “Hai Google” dan perintahkan untuk mencari tahu judul lagu dengan, “Apa judul lagu ini?”.

Sama seperti Siri, Google Assistant bisa mendeteksi suara atau musik tersebut dan menyajikan informasi sesuai perintah yang diberikan.

Kawula Muda ternyata mudah ya untuk mencari judul lagu yang tidak diketahui hanya dengan aplikasi di atas. Tidak perlu bingung dan takut ketinggalan zaman akibat tidak tahu judul lagu populer saat ini.

Berita Lainnya