Eksklusif! Gitaris Coldplay Jonny Buckland Spill Persiapan Konser di Jakarta

Enggak sabar banget lihat Coldplay di Jakarta November nanti!

Wawancara eksklusif Prambors dengan Jonny Buckland, ungkap beberapa hal tentang konser Coldplay di Jakarta! (COLDPLAY FRANCE)
Fri, 19 May 2023

Menjelang konser Coldplay “Music of the Spheres” di Jakarta pada 15 November 2023, Prambors berkesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif dengan Jonny Buckland, gitaris Coldplay, yang akan segera datang ke Jakarta!

Bersama Bella Arswendita, Jonny mengungkapkan rasa bahagia yang ia rasakan karena akhirnya bisa datang ke Jakarta. Tidak hanya itu, Jonny juga nge-spill nih, proses pembuatan album Music of the Spheres yang menurutnya sangat menyenangkan. Bahkan, kolaborasi Coldplay bersama BTS untuk lagu “My Universe”.

Psst, Jonny juga membocorkan persiapan konser Coldplay di Jakarta nanti, loh.

Interview Bella Arswendita dan Jonny Buckland Coldplay


Simak wawancara eksklusif lengkap Prambors bersama gitaris Coldplay, Jonny Buckland!

Sejak pengumuman resmi konser Coldplay di Jakarta, semua orang menjadi sangat senang dan gila. Dapat dikatakan, konser Coldplay di Indonesia sangat dinanti di tahun 2023 ini. Bagaimana perasaanmu? Kami tidak sabar menunggu kedatangan kalian!

Kita (Coldplay) juga sangat tidak sabar datang ke Indonesia. Kami meminta maaf karena butuh waktu yang lama untuk bisa datang ke Indonesia. Pokoknya, Coldplay benar-benar tidak sabar dan sangat senang datang ke Indonesia.

Setelah 5 tahun break konser dan pandemi, bagaimana rasanya bisa tampil lagi di kerumunan yang penuh?

Rasanya luar biasa. Tidak ada yang lebih baik dari perasaan ini. Atmosfer orang-orang yang kembali bisa keluar dan berkumpul itu sangat luar biasa. Rasanya sangat senang bisa menjadi bagian dari itu. Senang bisa melihat orang-orang berkumpul dan bertemu lagi.

Berbicara tentang proses pembuatan album Music of the Spheres, bagian apa yang menjadi favoritmu? Apakah musiknya, rekaman, atau kolaborasi yang dilakukan?

Menurutku, bagian yang paling saya suka adalah bekerja dengan Max Martin. Ini adalah pertama kali kami benar-benar serius bekerja sama dengannya untuk seluruh rekaman album. Jujur, dia sangat menginspirasi. Kita jadi punya waktu yang sangat menyenangkan di studio, bahkan berlibur ke Swedia bersama! Rasanya memang aneh, tapi seru banget. Soalnya itu pas pandemi, jadi seolah-olah satu kota milik kita. Aku rasa, itu hal yang paling menyenangkan di pembuatan album ini.

Bagaimana proses kolaborasi di album Music of Spheres? Apakah Coldplay membuat musik terlebih dahulu lalu memberikannya kepada kolaborator atau mereka (kolaborator) yang terlebih dahulu menghubungi Coldplay?

Seringnya, lagu akan datang ke kita. Setelah kita coba latih, Chris (vokalis Coldplay) yang akan menemukan kesulitan dengan lagu tersebut. Lalu, Chris akan berkata, “Sepertinya kita membutuhkan orang lain di lagu ini!”.

Di saat itulah kita mulai memikirkan siapa orang yang tepat untuk lagu tersebut. Soalnya, lagu biasanya ditulis saat kita memikirkan seseorang di kepala kita, jadi terkadang terasa tidak ‘pas’.

Nah, itu juga yang terjadi dengan BTS. Awalnya, Chris mengatakan ia ingin menulis lagu untuk BTS. Pada akhirnya, kita juga memutuskan untuk ikut di dalamnya.

Coldplay terkenal dengan konsernya yang sangat ramah lingkungan. Apakah hal tersebut juga akan dilakukan di Indonesia?

Tentu saja. Kami selalu merasa bertanggung jawab dengan lingkungan, kami selalu berusaha untuk sustainable sebisa kami, meski itu sebuah proses yang tidak mudah. Tapi, kita akan selalu pastikan untuk menggunakan biofuel (bahan bakar nabati) untuk melangsungkan konser. Kita juga akan tetap menggunakan energi dari sepeda yang berada di section festival dan panggung daur ulang yang bisa menghasilkan energi.

November ini akan menjadi kali pertama Coldplay ke Indonesia, apakah kamu deg-degan?

Iya, selalu. Perasaanku campur aduk. Tapi, justru itu perasaan yang aku ingin rasakan. Soalnya, kalau enggak merasakan itu, rasanya akan aneh. Bukan perasaan takut, lebih ke perasaan senang yang sangat senang.

Bagaimana cara Coldplay mengatasi perasaan deg-degan tersebut?

Kita punya beberapa rutinitas sebelum konser. Biasanya, Chris akan menyuruh kita untuk melakukan meditasi bersama. Soalnya, kita harus tetap berusaha tenang, meski harus tampil di depan banyak orang.

Wawancara lengkap Bella Arswendita bersama Jonny Buckland dari Coldplay sudah bisa lo tonton melalui kanal YouTube Prambors, ya, Kawula Muda.


Duh, tidak sabar melihat aksi Coldplay di Indonesia! Sampai Jumpa di GBK Jonny dkk. 

Berita Lainnya