Gerri Firdausi, Top 5 Mangkal di SoundOn Siap Gebrak Industri Musik Indonesia

Tanah Air selalu mengeluarkan musisi-musisi baru, ya Kawula Muda.

Musisi Gerri Firdausi salah satu finalis Mangkal di SounOnd Prambors (SUMBER ISTIMEWA)
Fri, 19 May 2023

SoundOn merupakan all-in-one platform milik TikTok untuk para kreator musik. Pada platform ini membantu untuk mendistribusikan musik dan menjangkau pendengar yang lebih luas ke seluruh dunia.

Tahun ini, Mangkal di SoundOn Prambors siap menyambut musisi baru Tanah Air yang ingin memberikan karya-karya mereka, salah satunya adalah Gerri Firdausi.

Penyanyi yang biasa dipanggil Gerri ini telah mengenal musik sejak kecil karena beberapa anggota keluarganya yang juga gemar bermusik, loh Kawula Muda.

Mulanya, ia mendalami musik saat duduk di bangku SMP dengan belajar memainkan alat musik, dari gitar, drum, dan bass. Selama jalannya dia belajar, Gerri merasa nyaman untuk bernyanyi.

"Saya merasa nyaman di vokal. Festival menjadi tempat belajar tahap awal saya di dunia musik," katanya.

Gerri juga awalnya belajar membuat sebuah band yang mulai mengerjakan lagu sendiri tepatnya tahun 2007.

"Di tahun yang sama saya dan band, waktu itu Goodtimez Music nekat untuk berangkat recording ke kota Solo. Dari awal recording kami belajar untuk membuat Goodtimez Music sampai tahun 2015 dan sebuah album pertama yang berisi 10 lagu dari 20-an lagu yang kami pilih," katanya.

Setelah itu, Gerri sempat berhenti bermusik dan hanya bermain gitar. Pada akhirnya, di 2016 ia kembali bermusik dengan konsep solo, Kawula Muda.

"Saya bertemu dengan banyak orang baik yang membantu saya dalam berkarya, dari operator recording di sebuah studio musik di Jogja yang selalu membantu dalam aransemen, hingga teman yang membantu dalam pembuatan video klip," lanjut pria kelahiran 1993 itu.

Di tahun 2017 Gerri merilis video klip di YouTube dengan judul lagu "Terserah". Dengan rutinitas yang sama, tahun selanjutnya dia merilis lagu ke dua di berjudul "Pasangan Jiwa".

Selang 3 tahun kemudian, di 2020 Gerri mencoba mendistribusikan 2 lagunya ke sebuah platform musik dan kala itu berbayar hingga ia mencoba ke Mangkal di SoundOn.

"Suatu malam di awal 2023 saya melihat sebuah postingan SoundOn dan Prambors tentang Mangkal di SoundOn. Langsung saja saya coba untuk upload 3 lagu yang belum sempat saya upload ke platform musik digital sambil mencoba ikut dalam ajang Mangkal di SoundOn," tuturnya.

Walau sempat tidak memiliki banyak harapan, Gerri ternyata berhasil masuk menjadi salah satu Top 5 Mangkal di SoundOn dengan lagunya yang berjudul "Titik Tertinggi", Kawula Muda!


"Saya pikir ini sangat menolong kami musisi dalam mendistribusikan lagu-lagu kami karena sistem upload yang mudah dan gratis. Sempat saya tidak berharap banyak karena tidak ada kelanjutan atau kabar dari Mangkal di SoundOn, alhamdulillah beberapa hari lalu muncul DM dari Prambors mengenai informasi Top 5 Mangkal di SoundOn," kata Gerri.

Berita Lainnya