Koleksi Chord Gitar Lengkap untuk Pemula dan Profesional

Chord apa yang menurut lo paling susah, Kawula Muda?

Ilustrasi seseorang yang sedang bermain gitar (UNSPLASH/JACEK DYLAG)
Sun, 14 May 2023

Belajar gitar memang tidak mudah, tetapi hal itu bisa teratasi apabila lo bisa mempelajari berbagai chord gitar.

Chord gitar adalah kumpulan dari beberapa nada atau bunyi yang dihasilkan dari beberapa senar gitar yang dipetik. Chord gitar terdiri dari beberapa jenis, antara lain major chord, minor chord, augmented chord, hingga diminished chord.

Dengan menguasai chord gitar, lo dapat memainkan berbagai macam lagu dengan mudah. Berikut beberapa rekomendasi chord gitar untuk lo yang masih pemula maupun profesional ya, Kawula Muda!

Koleksi Chord Gitar Lengkap untuk Pemula

Bagi pemula yang ingin belajar bermain gitar, sebaiknya memulai dengan chord-chord dasar terlebih dahulu. Mengutip berbagai gambar dari GuitarSquartz dan sumber lainnya, keterangan nomor 1 melambangkan jari telunjuk, nomor 2 adalah jari tengah, nomor 3 adalah jari manis, dan nomor 4 adalah jari kelingking.

Di sisi lain, garis yang paling kiri merupakan string gitar paling atas, sementara garis paling kanan adalah string gitar paling bawah.

Berikut adalah beberapa chord dasar yang sering dipakai dalam berbagai lagu:

Chord G


Chord gitar G (GUITARSQUARTZ.NET)

 

Chord C

Chord gitar C (GUITARSQUARTZ.NET)

 

Chord D

Chord gitar D (GUITARSQUARTZ.NET)

 

Chord A

Chord gitar A (RUDIGITAR)

Chord Am

Chord gitar A Minor (GUITARSQUARTZ.NET)

 

Chord Dm

Chord gitar D Minor (GUITARSQUARTZ.NET)

 

Chord E

Chord gitar E (GUITATSQUARTZ.NET)

 

Chord Em

Chord gitar E Minor (BUKA REVIEW)

 

Chord F (mudah)

Chord gitar F (GUITATSQUARTZ.NET)

 

Koleksi Chord Gitar Lengkap untuk Profesional

Bagi yang sudah mahir memainkan gitar, tentunya sudah tidak asing lagi dengan chord-chord yang lebih kompleks. Berikut adalah beberapa chord yang sering digunakan oleh para profesional:

Chord Fm

Chord gitar F Minor (GUITARSQUARTZ.NET)

 

Chord F#

Chord gitar F# (GUITATSQUARTZ.NET)

 

Chord B

Chord gitar B (BELAJAR KUNCI GITAR)

 

Chord G7

Chord gitar G7 (FACHORDS GUITAR)

  

Chord B7

Chord gitar B7 (GUITAR LESSONS)

 

Cara Mempelajari Chord Gitar

Ilustrasi gitar (UNSPLASH/DE AN SUN)

 

Setelah mengetahui koleksi chord gitar lengkap, langkah selanjutnya adalah mempelajarinya agar dapat mengiringi lagu-lagu favorit lo, Kawula Muda! Berikut adalah beberapa tips untuk lo yang sedang mempelajari chord gitar.

1. Mulailah dengan chord-chord dasar terlebih dahulu. Pelajari cara membentuk chord tersebut dan bagaimana memetik senarnya.

2. Pelajari lagu-lagu yang menggunakan chord-chord dasar tersebut. Dengan mempelajari lagu, kita dapat mempraktikkan chord yang telah dipelajari.

3. Terus berlatih dan konsisten. Bermain gitar membutuhkan latihan yang konsisten. Jangan berhenti belajar dan berlatih meskipun ada kesulitan.

4. Cari referensi atau tutorial di internet. Ada banyak sumber belajar gitar di internet, baik berupa video tutorial maupun artikel seperti ini.

5. Bermainlah bersama dengan teman atau bergabung dengan komunitas musik. Bermain gitar bersama teman atau dalam sebuah komunitas musik dapat meningkatkan semangat dan memperluas wawasan dalam dunia musik.

Berita Lainnya