Persiapan Konser Coldplay di Jakarta, Grass Cover Dibeli dari Inggris

ENGGAK SABAR WOY!

Ini riders konser Coldplay (IHEARTRADIO/Rachel Kaplan)
Thu, 02 Nov 2023

Konser ColdplayMusic of the Spheres” di Jakarta tinggal menghitung hari. Akan digelar pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), saat ini pihak-pihak yang terlibat sedang mempersiapkan acara konser yang akan berlangsung spektakuler tersebut.

Persiapan menjelang konser Coldplay di Jakarta sudah mulai dilakukan. Pihak promotor dan tim Coldplay sendiri memesan SUBGK kurang lebih dalam dua minggu untuk pre acara seperti loading barang dan persiapan panggung, berlangsungnya konser, sampai pasca acara termasuk pembersihan lokasi konser kembali seperti semula.

Berikut adalah fakta-fakta dari persiapan konser band besar asal Inggris tersebut, termasuk dengan persiapan apa yang harus dilakukan para penggemar Coldplay yang perlu Kawula Muda ketahui agar bisa menikmati keseruan konser dengan maksimal!

Deretan alasan kenapa harus nonton konser Coldplay (PLSN)

3000 Bangku di SUGBK Dicopot

Kepala Unit Stadion Utama Gelora Bung Karno, Bangun Didik Susantoro mengungkapkan tim Coldplay akan mencopot sekitar 3000 bangku di bagian tribune selatan sebagai jalur evakuasi, nantinya sudut tersebut akan menjadi area backstage.

Pencopotan bangku tersebut memang sudah menjadi SOP dari tim Coldplay dan akan dipasang kembali seperti semula setelah konser selesai.

Area panggung sendiri akan dipasang di pintu merah area Selatan dari SUGBK, Kawula Muda.

Pemasangan Grass Cover Khusus yang Didatangkan dari Inggris

Thumbnail gambaran grass cover yang digunakan untuk menutup rumput di stadion yang dipakai konser musik (YouTube/Mata Proyek)

 

 

Untuk mengamankan rumput di GBK, Bangun menerangkan cara yang digunakan adalah menutup rumput dengan grass cover khusus yang didatangkan dari Inggris.

Bukan sembarang grass cover, jenis yang digunakan kali ini sudah dipakai di stadion Tottenham Hotspurs, loh, Kawula Muda. 

Pemasangan grass cover khusus yang sudah datang sejak September lalu dari Inggris ini juga salah satu SOP yang diminta oleh tim Coldplay.

"Ini adalah layanan GBK. Jadi, masyarakat bisa terinfo bahwa [pihak] GBK menjaga rumputnya, karena produk itu [pihak] GBK membelinya langsung dari UK," tegas Bangun dikutip dari CNN Indonesia.

Promotor Konser Coldplay di Jakarta Sewa SUGBK 13 Hari

Menurut informasi yang tercatat di reservation.gbk.id, pihak promotor sudah menyewa area SUGBK sejak tanggal 5 November hingga 17 November 2023. 

Penyewaan area stadion tersebut diperkirakan memakan harga mencapai Rp 10 miliar. 

Area sewa SUGBK untuk konser Coldplay termasuk dalam kategori C yang akan mendapatkan fasilitas berupa pemakaian arena dan tribune selama 12 jam, 77.193 kapasitas kursi tribune, scoring board, sound system, lampu penerangan yang telah terpasang, royal lounge, sky lounge, royal box, sky box, ruang konferensi pers, ruang media, ruang sekretariat selama 12 jam, dan back up genset untuk lampu penerangan.  

Siapkan Energi untuk Sing Along dan Berpacu di Lantai Kinetik

Lantai Kinetik di konser Coldplay "Music of the Spheres" (Rick Scuteri/AP)

Seperti yang sudah pernah Prambors bahas sebelumnya, Coldplay mempunyai hal berbeda dan menarik dalam rangkaian turnya dari band lain, yaitu lantai kinetik!

Lantai kinetik di konser Coldplay bisa menghasilkan listrik dengan cara penonton bergerak di atas lantai tersebut mengikuti irama musik yang dimainkan.

Adanya lantai kinetik tersebut bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 50 persen, Kawula Muda.

Lantai kinetik ini sudah digunakan di Stadion Wembley dan Tottenham Hotspurs. Biasanya, di negara lain, Coldplay juga menyediakan sepeda untuk menghasilkan energi.

Dan masing-masing sepeda, minimal 15 sepeda dan bisa ditingkatkan jumlahnya tergantung pada ukuran tempat, dapat menghasilkan energi rata-rata 200 watt, yang disimpan dalam baterai sebagai energi yang digunakan untuk elemen pertunjukan.

Siapkan Diri untuk Bernyanyi dan Wajib Hafal Lagi di Setlist Coldplay Music of the Spheres

Menghitung hari menuju konser Coldplay, masih belum terlambat untuk mengapal lagu-lagu Coldplay yang akan dibawakan di Jakarta nanti.

Berikut adalah perkiraan setlist konser Coldplay “Music of the Spheres” di Jakarta yang Prambors rangkum dari setlist.fm.

"Higher Power"

"Adventure of a Lifetime"

"Paradise"

"The Scientist"

"Viva la Vida"

"Charlie Brown"

"Hymn for the Weekend"

"Let Somebody Go"

"Yellow"

"In My Place"

"Human Heart"

"People of the Pride"

"Clocks"

"Something Just Like This (The Chainsmokers & Coldplay)"

"Infinity Sign"

"Sunrise"

"Midnight"

"My Universe"

"A Sky Full of Stars"

"Don't Panic"

"Sparks"

"Humankind"

"Fix You"

"Biutyful"

Kawula Muda, pihak GBK juga mengimbau untuk menggunakan kendaraan umum karena lahan parkir terbatas dan menghindari macet ya. 

Jangan lupa untuk taati SOP yang berlaku dan arahan dari pihak promotor selama acara konser berlangsung. Juga jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan dan kebersihan!

By the way, kalau Prambors bagi-bagi tiket konser Coldplay “Music of the Spheres” di Jakarta, pada mau ikutan enggak, nih?

Berita Lainnya