7 Musisi Dunia yang Terkenal karena Banyak Kontroversi selain Matty Healy

Lo setuju pisahkan karya dan sikap musisinya enggak?

Gambar ilustrasi(Pexel/Sebastiaan Stam)
Wed, 26 Jul 2023

Kawula muda siapa nih yang suka mendengarkan lagu-lagu dari musisi luar negeri yang fenomenal?

Ternyata, banyak musisi luar negeri yang terkenal selain dari karyanya yang fenomenal, tapi juga memiliki kontroversi tersendiri.

Salah satunya yang baru-baru ini kontroversinya viral adalah Matty Healy, vokalis band The 1975. Matty mengkritik undang-undang anti-LGBT di Malaysia bahkan Matty Healy mencium rekan satu grup sesama jenis pada saat di atas panggung. 

Kawula Muda selain Matty Healy, berikut adalah musisi luar negeri yang terkenal karena banyak kontroversi. Ada siapa saja ya kira-kira? 

1. Marilyn Manson 

Gambar Marilyn Manson(Instagram/Marilyn manson)

Dikenal dengan musisi yang berpenampilan gothic. Penyanyi Marilyn Manson sering sekali membuat kontroversi dalam lagu-lagunya dengan tema horor yang ia nyanyikan. 

Dalam lirik dalam lagu Marilyn Manson ditentang oleh masyarakat karena mengandung unsur seksualitas dan kekerasan. Dari kontroversi yang ia ciptakan, salah satunya adalah video klip lagunya yang berjudul "Long Hard Road Out of Hell".

Dalam video tersebut, Marilyn Mason memerankan dirinya sebagai Bunda Maria sekaligus Yesus. Selain itu, Marilyn Manson juga ditampilkan berada di sebuah ruangan tanpa busana. 

Hal ini tentu mendapatkan protes dari kalangan gereja dan masyarakat.

2. The Rolling Stone

Gambar The Rolling Stone(Instagram:TheRollingStones)

Kontroversi yang juga dilakukan pada anggota band The Rolling Stone seperti menggunakan obat-obatan terlarang atau zat-zat adiktif dan berhubungan seksual dengan cara tidak lazim.

3. Black Sabbath

Black Sabbath(dok/wikimedia)

Black Sabbath sampai saat ini masih dicap bersekutu dengan setan. Lagu-lagu Black Sabbath juga sering kali dikritik karena dianggap mengandung unsur-unsur Satanisme.

4. Michael Jackson 

Gambar Michael Jackson(eurweb.com)

Musisi kontroversial selanjutnya adalah Michael Jackson. Michael Jackson adalah salah satu musisi paling terkenal di dunia yang memiliki banyak prestasi.

Tetapi bukan hanya prestasi, kontroversi juga menyertai perjalanannya. Sering kali terdengar kabar mengenai kontroversi Michael Jackson yang paling menghebohkan dunia terutama para penggemar beratnya. 

Hal ini di antaranya adalah perubahan warna kulit yang dilakukannya seperti penyakit langka yaitu vitiligo. Penyakit langka tersebut dapat mengakibatkan menghilangnya pigmen di sebagian kulit. 

Penyakit tersebut telah dikatakan oleh ahli dermatologinya. Namun sebagian penggemar dan masyarakat tidak meyakini bahwa hal tersebut benar adanya karena Michael Jackson kecil memiliki kulit dengan warna yang berbeda dan tidak terlihat seperti vitiligo.

Masyarakat dan para penggemar memiliki pendapat Michael Jackson sengaja memutihkan kulitnya. Selain itu ia juga sering melakukan operasi terhadap alis, bulu mata, bibir, dan hidung. 

5. Madonna

Gambar Madonna(Instagram/madonna)

Setelah Michael Jackson adalah Madonna. Hal ini terjadi pada salah satu acara pada tahun 1984. Madonna pada saat itu sedang menyanyikan lagu "Like a Virgin" dengan menggunakan gaun yang indah.

Pada awal penampilannya terlihat normal saja, tetapi pada akhirnya Madonna memperagakan adegan ranjang di atas panggung. Bukan hanya aksi tersebut, pada tahun 1989 Madonna juga melakukan pelecehan agama pada videoklip lagunya yang berjudul "Like a Prayer". 

Dalam videoklip tersebut Madonna lagi-lagi menjadi bahan hujatan masyarakat karena membakar Salib.

Tidak hanya sampai di situ saja, seolah-olah Madonna tidak menghiraukan masyarakat dengan menunjukkan ulah yang semakin jauh dari norma yang seharusnya. Dengan sengaja Madonna membuka celana dalam dan branya pada saat tampil di Turki dan Roma.

6. Chris Brown

Foto Chris Brown(Amy Sussman/Getty Images)

Selanjutnya ada Chris Brown yang juga termasuk ke dalam musisi paling kontroversial dan fenomenal. Chris Brown memiliki cap sebagai lelaki yang kasar karena sering melakukan hal di luar norma.

Berita yang paling membuat geram masyarakat adalah ketika Chris Brown melakukan kekerasan dan penganiayaan kepada pacarnya saat itu, Rihanna. 

Chris dengan Rihanna menjalin hubungan yang terlihat normal, nyatanya Chris berselingkuh dengan orang lain yang diisukan adalah teman kerjanya Chris.

Rihanna yang telah menjadi korban kekerasan tersebut akhirnya langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.  

Atas kesalahannya yang merugikan Rihanna, Chris Brown pun mendapatkan keputusan dari hakim untuk menjaga jarak 4.572 cm dengan Rihanna untuk menjaga keamanan Rihanna.

Selain itu, hukuman percobaan selama lima tahun, wajib kerja sosial, serta menjalani konseling untuk mengatasi kekerasan. 

7. Lady Gaga 

Foto Lady Gaga(Instagram/ladygaga)

 

Penyanyi Lady Gaga yang sangat terkenal juga menjadi salah satu musisi paling kontroversial. 

Lady Gaga memulai kontroversi dengan merilis video klip "Alejandro" dengan konsep campuran adegan religi dan seks. Setelah "Alejandro", Lady Gaga juga mengeluarkan lagu yang berjudul “Judas” yang dianggap oleh masyarakat menghujat religi.

Tidak hanya ini saja, Lady Gaga juga sering menggunakan pakaian yang aneh. Salah satu pakaian yang menjadi kontroversi ketika Lady Gaga memakai gaun yang terbuat dari daging hewan yang telah dibuat oleh Franc Fernandez pada acara MTV Video Music Awards 2010 lalu.

Berita Lainnya