Bukan Hanya Moge, Motor Bebek juga Diusulkan Boleh Lewat Jalan Tol

Bakal kayak gimana ya nanti kalau di tol ada motor?

Ilustrasi jalan tol (DETIK)
Fri, 03 Feb 2023


Pemerintah mendapatkan usulan dari komunitas motor gede (moge) agar memberikan izin sepeda motor bisa mengakses jalan bebas hambatan atau jalan tol. Bahkan, enggak cuma moge saja, pengguna motor secara keseluruhan diharapkan bisa masuk.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo mengatakan pun menyebut, kalau pemerintah harus mempertimbangkan usulan tersebut. Hal ini dilandasi dari keadilan terhadap semua pengguna kendaraan.

"Pemerintah harus memikirkan (usulan motor boleh masuk tol). Bukan cuma moge ya, tapi kita-kita yang pakai motor bebek, motor Honda (juga bisa)," terang pria yang disapa Bamsoet itu, mengutip dari Detik, Jumat (03/01/2023).

Dia menambahkan, masuknya kendaraan motor di jalan tol karena memberikan hak kepada pemilik kendaraan roda dua yang harus setara dengan kendaraan roda empat.

Ilustrasi jalan tol (KOMPAS)

"Karena memang seharusnya tidak boleh ada diskriminasi. Karena kendaraan roda dua juga punya hak jalan tanpa hambatan."

Motor yang masuk tol hanya memungkinkan jika ada pembatas yang memisahkannya dari mobil. Jalan tol dengan pembatas bakal jalur motor saat ini sudah dirancang namun hanya ada di Bali.

"Jadi intinya kalau jalan tol memungkinkan dibangun seperti di Bali ada pemisah jalan khusus buat motor mungkin dua atau tiga meter khusus kendaraan roda itu ideal. Tapi kalau tidak, yang ada riskan," terang Bamsoet, seperti pada laman CNN Indonesia.

"Maka imbauan saya kepada pemerintah dan pengelola jalan tol mulailah dipikirkan membangun jalan tersendiri bagi kendaraan roda dua. Karena mereka juga punya hak, mereka membayar pajak," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI), Irianto Ibrahim, sudah meminta moge masuk tol dalam beberapa waktu terakhir.

Menurutnya, pengguna moge telah melakukan banyak hal baik seperti memberikan pemasukan ke negara melalui pajak yang berjumlah besar dan sejumlah aksi sosial lainnya.

Apa pendapat lo tentang moge dan kendaraan motor bebek boleh masuk jalan tol, Kawula Muda?

Berita Lainnya