Korea Selatan Perketat Aturan Idol K-Pop di Bawah Umur, Bagaimana dengan NewJeans?

Masih di bawah umur dengan aturan yang luar biasa?

Korea Selatan perketat aturan idol K-Pop di bawah umur, seperti apa aturan baru untuk NewJeans (SOOMPI)
Fri, 28 Apr 2023


Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan memberikan aturan baru tentang idol K-pop yang masih di bawah umur di negaranya.

Seperti yang diketahui, idol K-Pop seperti NewJeans masih berumur 14-18 tahun sudah debut pada 2022 lalu. Lantas seperti apa aturan baru pemerintah Korea kepada idol K-Pop di bawah umur?

Aturan tersebut tercantum dalam Undang-Undang Budaya Publik dan Pembangunan Industri Seni yang akan menargetkan sejumlah masalah dalam industri K-pop.

Korea Selatan perketat aturan idol K-Pop di bawah umur, seperti apa aturan baru untuk NewJeans (SOOMPI)

Salah satu persyaratan baru yang ada dalam Undang-Undang tersebut pada agensi hiburan K-Pop adalah mereka harus melaporkan pendapatan artisnya, minimal setahun sekali dan kapan pun artis mereka meminta.

Kedua, waktu kerja untuk artis di bawah umur juga dikurangi. Untuk artis yang masih berusia di bawah 12 tahun, waktu kerja mereka dibatasi maksimal 25 jam per minggu dan enam jam per hari.

Sementara itu, artis berusia 12 sampai 15 tahun dibatasi menjadi 30 jam per minggu dan tujuh jam per hari.

Artis di Bawah Umur Tak Boleh Dipaksa Turun Berat Badan

Dalam Undang-undang juga melarang aktivitas di dunia hiburan yang melanggar hak pendidikan para artis di bawah umur, seperti bolos sekolah atau keluar dari sekolah.

Untuk masalah kesehatan para artis di bawah umur pun juga dilarang. Aturan itu termasuk memaksa mereka untuk 'terlihat lebih baik' atau 'menurunkan berat badan', atau melecehkan mereka secara fisik atau verbal dengan metode apapun.

Agensi juga diperintahkan untuk menunjuk staf mereka sebagai 'petugas pelindung anak muda' yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan para idol di bawah umur.

Sebetulnya, penggemar K-pop sudah khawatir dengan perlindungan idola di bawah umur akhir-akhir ini,

Apalagi, adanya NewJeans dari perusahaan hiburan ADOR dan BABYMONSTER dari YG Entertainment yang pernah dikritik karena telah mendebutkan idola berusia 14 tahun yakni Hyein NewJeans atau calon member BABYMONSTER, Chiquita.

Semoga setelah adanya Undang-undang ini, para idol K-Pop di bawah umur dapat perlindungan yang jauh lebih baik dari sebelumnya, ya!

Berita Lainnya