Politikus Indonesia Ramai Gunakan Anime "One Piece" untuk Kampanye?

Nakama~

Calon presiden Indonesia, Anies Baswedan menonton anime populer "One Piece" (INSTAGRAM/aniesbaswedan)
Sun, 13 Aug 2023

Terdapat satu hal yang menarik dari beberapa politikus Indonesia akhir-akhir ini. Sejumlah politikus Indonesia tiba-tiba mengunggah konten tentang One Piece, anime populer yang diangkat dari judul manga sama karya Eiichiro Oda.

Menjelang tahun politik di tahun 2024 nanti, para politikus tentu berlomba-lomba melakukan berbagai pendekatan politik kepada masyarakat Indonesia.

Melansir Kompas, analis komunikasi politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai, fenomena mendadak One Piece di kalangan politisi merupakan bagian dari pendekatan politik.

Ilustrasi anime yang diangkat dari manga populer "One Piece" (SUARA)

Kunto mengatakan, politik memang akan selalu dekat dengan budaya populer, terutama fandom atau penggemar dari budaya pop tersebut.

Terutama para calon presiden, menggunakan budaya populer tentu bisa menjadi politik ampuh bagi para pemilih yang didominasi oleh anak muda nanti.

One Piece sendiri adalah serial anime yang diangkat dari manga atau komik berjudul sama. One Piece bercerita mengenai petualangan Luffy, kapten bajak laut bersama rekan-rekannya mencari harta karun yang bernama ‘One Piece’.

Anies Baswedan

Beberapa hari lalu, calon presiden usungan partai Nasdem Anies Baswedan mengunggah foto dirinya bersama keluarga menonton anime One Piece.

“Mengikuti saran anak2 dan netizen soal rekomendasi film. Seru juga ya…” Tulis Anies Baswedan.

Sontak unggahan tersebut mendapat lebih dari 1.000 komentar hingga hari ini.

Dalam momen tersebut, terlihat Anies bersama istri dan anak-anaknya menonton momen Luffy, tokoh utama dalam One Piece, di mode Gear 5, salah satu kekuatan yang dimiliki kapten bajak laut tersebut.

Prabowo Subianto

Tidak mau ketinggalan, Prabowo Subianto juga ikut berbicara soal One Piece meski mengaku tidak mengikuti serialnya.

Melalui Instagram Reels yang diunggah @moekitto, konten kreator yang akrab disapa Bayu Skak tersebut bertanya soal One Piece kepada Prabowo.

“One Piece? Kartun, apa ya, anime? Ya, tapi saya enggak terlalu mengikuti,” jawab Prabowo.

“Pak Prabowo tahu One Piece. Ini spektakuler, Pak. Ini sebuah karya kreatif dan ini berasal dari negara Jepang,” tambah Bayu lagi.

Prabowo kemudian menanyakan apakah ada anak-anak negeri yang mampu membuat komik serupa One Piece.

Prabowo Subianto, bakal calon presiden dari partai Gerindra (Ricardo/JPNN)

“Banyak, Pak. Tapi kita selama ini hanya menjadi tukang, Pak. Tukang dalam artian, sumber daya manusia kita banyak. Tapi, kita tidak bisa membikin IP-nya sendiri, intelectual property-nya sendiri,” terang Bayu. 

Pembicaraan keduanya lantas berlanjut tentang bagaimana Jepang memperkenalkan budaya mereka ke dunia melalui budaya-budaya populer, tak terkecuali manga dan anime seperti One Piece. 

“Saya setuju. Film itu sarana yang paling bagus. Karena inilah saat-saatnya anak-anak muda yang kreatif. Kita butuh kreativitas itu,” tutur Prabowo.

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani ucap dirinya harus seperti Luffy, tokoh dari manga "One Piece" (INSTAGRAM/smindrawati)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi sosok pertama yang mengunggah konten berbau One Piece, Kawula Muda.

Meski tidak ikut pemilu 2024 nanti, analis komunikasi politik menilai jika Sri Mulyani membutuhkan kepercayaan publik demi memupuk citra yang baik sebagai Menteri Keuangan.

Melalui sebuah foto yang diunggah di Instagram akhir Juli lalu, Sri Mulyani mengunggah foto dirinya menggunakan kemeja merah dan topi jerami bertuliskan ‘Indonesia’.

Diketahui, Sri Mulyani meniru gaya Luffy, tokoh utama dalam One Piece yang juga menggunakan kemeja merah dan topi jerami.

“Luffy style… Siapa tokoh idolamu? Menurutmu values apa yang mengesankan dari One Piece?” tulis Sri Mulyani, Minggu (30/7/2023). 

“Friendship and help those in need. Pursue your dream, never give up and losing hope. There are so many ways to teach wisdom and good values. Banyak cara mengajarkan kebajikan dan menjadi bijaksana. Tetap memilih menjadi orang baik dan bijak!” lanjutnya.

Unggahan tersebut tentu menarik perhatian warganet, mengingat One Piece adalah salah satu anime dan manga populer dari Jepang.

Kawula Muda, kepopuleran anime dan manga One Piece di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, hal tersebut digunakan pendekatan politik oleh beberapa politikus.

One Piece sendiri akan diadaptasi menjadi serial live action yang akan tayang mulai 31 Agustus mendatang.

Adapun, para pemeran dari One Piece Live Action ini adalah, Luffy (Inaki Godoy), Nami (Emily Rudd), Roronoa Zoro (Mackenyu), Usopp (Jacob Gibson), dan Sanji (Taz Skylar) mengarungi samudera luas menaiki kapal Going Merry.

One Piece Live Action diawali dengan Luffy yang membicarakan tentang mimpinya menjadi raja bajak laut. Dia mencari kru yang ingin ikut berpetualang bersamanya hingga ia bertemu dengan Zoro dan sosok lain yang menjadi anggota awal kru.

Berita Lainnya