Survei: "Sari" jadi Nama Belakang Paling Populer di Indonesia

Siapa yang punya temen yang ada nama Sari-nya, Kawula Muda?

Survei: "Sari" jadi nama belakang paling populer di Indonesia (PRAMBORS)
Thu, 25 Apr 2024


NamaSari” menjadi nama belakang paling populer yang dipakai oleh warga Indonesia berdasarkan hasil survei Seasia Stats yang diunggah melalui akun Instagramnya, @seasia.stats, pada Senin (22/4/2024).

Hasil survei tersebut diambil dari riset yang dilakukan oleh Oxford University pada 2019 lalu, Kawula Muda.

Sebagai informasi, nama Sari memiliki beberapa arti yang berbeda tergantung pada bahasa yang digunakan. Jika dilihat dari KBBI, Sari berarti isi utama atau bagian dari bunga. Begitupun dalam bahasa Jawa, Sari diartikan sebagai serbuk sari atau bunga. Sedangkan dalam bahasa India, Sari berarti secarik kain.

Sementara itu, survei yang dilakukan oleh Seasia Stats, juga meliputi negara Asia Tenggara lain, Kawula Muda.

Seperti misalnya, di Malaysia dan Singapura nama belakang yang biasa digunakan yaitu “Tan”.

Kemudian, nama belakang “Nguyen” di Vietnam, “Saetang” di Thailand, “Dela Cruz” di Filipina, “Inthavong” di Laos, “Maung” di Myanmar, “Sok” di Kamboja, “Soares” di Timor Leste, dan “Haji” di Brunei.

Serupa dengan hasil survei Seasia Stats, tahun lalu nama “Sari” juga dinobatkan menjadi nama populer yang dipakai oleh warga Indonesia berdasarkan World of Statistics pada 2023 lalu.

Di tahun yang sama, Dukcapil pernah merilis nama-nama yang populer di Indonesia, baik dari pria maupun wanita lewat query algoritma tertentu dari database.

Nama pria terbanyak di Indonesia adalah Sutrisno, sementara itu untuk wanita ada nama Nurhayati. Nama-nama tersebut merupakan orang-orang dari generasi kelahiran 70-an.

Itu dia nama belakang paling populer di Asia Tenggara, termasuk nama Sari di Indonesia berdasarkan hasil survei Seasia Stats.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya