Wujud Persiapan Era Digital, SGU Siapkan Gen Z jadi Wirausaha Digital

Persiapan yang bagus nih, Kawula Muda!

Acara Kewirausahaan Muda (YC Fest) yang diselenggarakan pada November lalu. (ISTIMEWA)
Thu, 14 Dec 2023

Bulan November lalu, Swiss German University (SGU) menyelenggarakan Festival Kewirausahaan Muda "YC Fest". Festival tersebut merupakan upaya persiapan dari SGU untuk para mahasiswa dan Gen Z lainnya agar siap berwirausaha di era digital.

YC Fest sendiri merupakan festival tahunan yang diadakan oleh mahasiswa SGU agar bisa mengembangkan aspek-aspek kreativitas, bisnis, digital serta media sosial bagi anak muda.

Peresmian acara YC Fest 2023. (ISTIMEWA)

Berbagai kegiatan juga dijalani dalam YC Fest 2023, mulai dari lomba digital content dan ide bisnis hingga sesi sharing dari para pebisnis muda. Alhasil, terdapat 250 kelompok peserta yang ikut terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan YC Fest 2023.

Dosen pembimbing festival YC Fest 2023, Anthon Stevanus Tondo mengatakan, tingginya antusiasme Gen Z dalam mengikuti berbagai lomba kewirausahaan YC Fest adalah wujud nyata bahwa Gen Z ingin mengembangkan kompetensi bisnis di usia mereka yang masih muda.

“Oleh sebab itu, selain mengadakan lomba, kami juga memperkuat Gen Z ini dengan talk show pebisnis muda dari berbagai sektor, seperti desainer fashion Akeyla Naraya, digital content creator Indah Gunawan, pelaku start up, pebisnis teknologi informasi, dan bunga, serta melihat langsung pameran mahasiswa kami dalam memulai bisnis mereka pada acara puncak YC Fest 24-26 November ini,” ujar Anthon.

Wakil Rektor I Bidang Akademik SGU Leonard Rusli berharap bahwa SGU dapat terus mendorong kewirausahaan bagi Gen Z di era digital.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada Gen Z untuk mengembangkan kemampuan kewirausahaan mereka,” ucap Leonard.

Menurut Leonard, era digital justru membuka peluang yang besar bagi Gen Z untuk berwirausaha. Oleh karena itu, Gen Z harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai untuk menghadapi tantangan di era digital, seperti pembuatan ide bisnis, konten digital, hingga pemasaran digital.

Berita Lainnya