Pernah Batal Main di Malaysia dan Singapura, Akankah Messi Turun ke Lapangan di Indonesia?

Duh, pengen banget liat Messi main di GBK!

Pernah batal main di Malaysia dan Singapura, akankah Messi bermain di Indonesia? (AP)
Thu, 25 May 2023

Menjelang pertandingan Indonesia vs Argentina pada 19 Juni 2023 medatang, kedatangan Lionel Messi sebagai bagian dari Timnas Argentina memang sangat ditunggu.

Pasalnya, menyaksikan sang juara dunia bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) merupakan kesempatan yang langka, Kawula Muda.

Jelang Indonesia vs Argentina, akun FIFA World Cup goda penggemar sepak bola Indonesia (FIFAWORLDCUP)

Meski begitu, kedua belah pihak baik PSSI maupun AFA belum mengonfirmasi apakah La Pulga akan bermain saat FIFA Matchday nanti pada 19 Juni 2023 mendatang.

Namun, baik masyarakat Indonesia maupun PSSI harus menahan euforia dan menyiapkan kemungkinan terburuk apabila Lionel Messi tidak akan turun ke lapangan. 

Sebab, dua negara tetangga Indonesia, yakni Singapura dan Malaysia harus menelan pil pahit saat Lionel Messi datang ke negara mereka namun tidak jadi bermain di laga persahabatan pada 2013 dan 2017.

Lionel Messi Tidak Jadi Bermain di Singapura Pada 2017

Pada tahun 2017, Argentina diketahui mengadakan laga persahabatan dengan Singapura. Pada awalnya, Lionel Messi bersama rombongan terlihat di bandara Changi, Singapura. Namun, Messi diketahui kembali ke Barcelona untuk mengurus pernikahannya dengan Antonela Roccuzzo kala itu.

Para suporter harus menanggung kekecewaan ketika pihak UNICESS mengeluarkan pernyataan bahwa Messi tidak akan bermain di Singapura tiga hari sebelum pertandingan.

"Selanjutnya spekulasi dari dua hari terakhir, promotor pertandingan UNICESS telah menerima konfirmasi malam ini bahwa karena alasan pribadi, Lionel Messi, Nicolas Otamendi dan Gonzalo Higuain tidak akan tampil dalam laga Timnas Singapura vs Argentina di Stadion Nasional pada Selasa (13/6/2017),” ujar UNICESS seperti yang dilansir Bola dari Today Online.

PSSI Harus Belajar dari Malaysia Jika Ingin Messi Main di SUGBK

Lionel Messi pernah batal bermain di Malaysia pada tahun 2013 lalu (AFP/MOHD RASFAN)

Tidak hanya di Singapura, Messi diketahui batal bermain di Malaysia. Pada tahun 2013, Barcelona dijadwalkan menghadapi Malaysia XI di Stadion Nasional Bukit Jalil. 

Messi diketahui tidak turun ke lapangan atau bermain karena buruknya rumput Stadion Bukit Jalil.

Sebelumnya, menurut Malay Mail, Messi diklaim mengalami cedera saat menjalani latihan di Stadion Bukit Jalil.

Selama pertandingan berlangsung, Messi hanya duduk di bangku cadangan, Kawula Muda.

"Messi keluar dari ruang ganti mengenakan sandal dan dia duduk bersama anggota tim lainnya di pinggir lapangan selama pertandingan. Sempat santer diberitakan sang pemain mengalami cedera paha saat menjalani sesi latihan di Stadion Nasional," ujar Malay Mail.

Tidak hanya itu, mengutip Harian Metro, batalnya Lionel Messi bermain di Malaysia merupakan pukulan telak bagi Malaysia. Seharusnya, hal tersebut menjadi ‘wake up call’ bagi Malaysia untuk mengubah kualitas lapangan.

“Saya pikir Anda semua mengetahui insiden di mana Barcelona datang ke sini (Kuala Lumpur) Lionel Messi, pemain terbaik di dunia tidak mau bermain karena kualitas lapangan,” ucap Tunku Ismail, melansir Harian Metro, Kamis (25/05/2023).

Hal ini tentu harus menjadi pelajaran bagi PSSI saat menyambut Timnas Argentina nanti.

Melansir CNN, PSSI bukan hanya harus mempersiapkan lapangan pertandingan di SUGBK. Namun, PSSI juga harus memastikan lapangan latihan yang digunakan Timnas Argentina memiliki kualitas terbaik. Hal itu demi mencegah para pemain asuhan Lionel Scaloni mengalami cedera.

Selain itu, masalah keamanan juga harus menjadi sorotan utama Indonesia saat menyambut kedatangan Timnas Argentina. Pasalnya, persiapan yang matang dalam laga FIFA Matchday nanti akan memberikan kesan positif. Tidak hanya bagi Timnas Argentina, namun juga negara lain yang akan melakukan pertandingan persahabatan.

Semoga Lionel Messi bermain di Indonesia nanti ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya