Perusahaan Elon Musk Berhasil Tanam Chip di Otak Manusia! Apa Dampaknya?

Gimana ya dampaknya buat manusia?

Elon Musk (NBC NEWS)
Tue, 30 Jan 2024

Proyek Neuralink milik Elon Musk akhirnya berhasil menanam chip ke otak manusia untuk pertama kalinya, Kawula Muda.

Musk menyebutkan bahwa manusia pertama sudah menerima implan produk Neuralink, yakni sebuah perusahaan rintisan implan otak miliknya. Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa pasien kini sudah pulih dengan baik.

"Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan," ujar Musk melalui akun X personalnya, Selasa (30/1/2024).

Elon Musk tanamkan chip di otak manusia sekaligus menjadi perkenalan akan produk pertama Neuralink yakni "Telepathy".

Menurut definisi Institusi Kesehatan Nasional, lonjakan neuron sendiri merupakan sebuah aktivitas sel yang menggunakan sinyal kimia dan elektris untuk mengirim informasi ke otak dan tubuh manusia.

Pemilik Tesla ini mengatakan bahwa pengguna awal produk ini adalah mereka yang kehilangan fungsi anggota tubuhnya. Sehingga pengidap quadriplegia, atau kelumpuhan keempat anggota badan, untuk mengontrol perangkat dengan pikiran mereka.

Ilustrasi chip (UNPLASH)

Musk sendiri memang memiliki ambisi besar agar manusia bisa terhindar dari kelumpuhan dan kondisi neurologis lainnya melalui Neuralink. Oleh karenanya keberhasilan Neuralink menjadi salah satu pencapaian besar Elon Musk.

Sebagai informasi, Neuralink pertama kali membuka permohonan uji klinis pada manusia pada September tahun lalu, setelah perusahaan tersebut menerima persetujuan untuk studi PRIME (Precise Robotically Implanted Brain-Computer Interface) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat pada Mei 2023.

Menurut Neuralink, tujuan tambahan dari penanaman chip tersebut adalah memungkinkan manusia mengontrol kursor atau keyboard hanya dengan menggunakan pikiran mereka.

Proyek penanaman chip yang diinisiasi Neuralink ini dinamai 'Telepathy'. Meski sejauh ini operasi diklaim berhasil, tetapi harus dipantau lebih lanjut keamanannya bagi manusia, karena hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut terkait chip yang ditanam di dalam otak manusia ini.


Lo setuju gak kalo otak manusia dipasang chip, Kawula Muda?

Berita Lainnya