10 Artis Korea Paling Berpengaruh di YouTube dengan Penghasilan Fantastis Versi Forbes, Bagian 1

Kawula Muda, mereka mendapatkan penghasilan miliaran rupiah hanya dari kanal YouTube.

Girlgroup K-Pop, aespa. (TWITTER/AESPA)
Wed, 31 Aug 2022


Forbes Korea baru saja merilis daftar tahunan mereka yang berisikan deretan artis Korea yang paling berpengaruh di YouTube berdasarkan perkiraan pendapatan mereka selama setahun.

Aktivitas para artis Korea ini di kanal YouTube mereka sangatlah aktif. Jadi enggak heran kalau kanal YouTube mereka menjadi salah satu sumber pendapatan dengan jumlah yang lumayan fantastis.

Baik itu saluran resmi agensi artis papan atas ataupun milik pribadi, kanal YouTube artis-artis ini telah menghasilkan sejumlah keuntungan yang besar.

Berikut ini 10 artis Korea paling berpengaruh di YouTube menurut Forbes Korea seperti yang dikutip dari Koreaboo.

10. Lee Mal Nyeon – penghasilan 1,34 juta dolar AS (Rp 19,8 miliar)

Penulis webtoon beken asal Korea, Lee Mal Nyeon, masuk dalam daftar 10 artis Korea paling berpengaruh di YouTube. Kanal YouTube Lee Mal Nyeon menyuguhkan berbagai konten termasuk review makanan, siaran langsung, games, dan pembahasan sejumlah topik menarik lainnya. Kanal YouTube milik Lee Mal Nyeon memiliki total 1,78 juta subscribers.

9. Lim Young Woong – 1,34 juta dolar AS (Rp 19,8 miliar)

Kepopuleran Lim Young Woong sebagai penyanyi trot dan lagu-lagu balada sepertinya sangat membantunya dalam meraih jumlah subscriber di YouTube. Penyanyi yang menempatkan lagunya My Starry Love di peringkat pertama Gaon Digital Chart ini memulai kanal YouTube-nya yang bernama Im Young-woong pada 2016. Unggahan pertamanya adalah lagu debutnya yang berjudul Hate You. Sejak saat itu, ia sering mengunggah sejumlah cover lagu, behind the scenes, pertunjukan langsung, highlight clips, pembacaan komentar, dan juga sejumlah vlogs terbaru untuk para fans-nya. Kanal YouTube-nya saat ini memiliki 1,4 juta subscribers.

8. (G)I-DLE – 1,55 juta dolar AS (Rp 23 miliar)


Kanal YouTube resmi (G)I-DLE lebih banyak mengunggah konten yang berisikan promosi musik, aktivitas, pengumuman, log dan juga vlog para member. Tahun ini, konten YouTube (G)I-DLE kebanyakan berisi kesibukan para member dengan perilisan album studio pertama mereka yang berjudul “I Never Die”. Selain itu, ada pula konten tentang mini album pertama Miyeon, serta promosi tur dunia pertama mereka. Kanal YouTube (G)I-DLE saat ini memiliki 4,11 juta subscribers.

7. ITZY – 1,7 juta dolar AS (Rp 25 miliar)

ITZY memulai kanal YouTube mereka pada 2019 dan sejak itu jumlah subscribers-nya terus meningkat hingga menjadi 7,66 juta. #SneakersChallenge berkontribusi besar pada traffic konten mereka tahun ini. Sneakers yang menjadi single utama dari EP kelima mereka yang berjudul “Checkmate” juga menjadi salah satu konten yang paling menarik akhir-akhir ini.

6. aespa – 1,76 juta dolar AS (Rp 26,1 miliar)

aespa, girlgroup yang berada di bawah naungan SM Entertainment. (TWITTER/AESPA)

 

 

aespa menjadi salah satu girlgroup yang cukup menarik perhatian penggemar K-Pop sejak melakukan debut. Kanal YouTube milik aespa dimulai pada Oktober 2020 dan sejak itu telah mendapatkan 4,05 juta subscribers. Konten vlog dan “DreamsComeTrue Challenge” sukses mendapatkan engagements yang cukup tinggi di kanal YouTube-nya.

Siapa Top 5 artis Korea yang paling berpengaruh di YouTube? Simak selengkapnya di bagian 2 ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya