ZARA Klarifikasi tentang Kampanye yang Dituding Menghina Palestina

Masa enggak peka sih ZARA?

Zara Atelier Collection 04 The Jacket, photography by Tim Walker
Fri, 15 Dec 2023


Brand fashion ZARA akhirnya menurunkan kampanye promosi dari koleksi jaket Atelier Collection 04 yang rilis pada awal Desember 2023 ini setelah konsep kampanye tersebut dikecam karena berbentuk seperti mendukung genosida dalam konflik di Gaza, Palestina.

Dalam foto-foto kampanye brand tersebut, ZARA menampilkan model perempuan yang sedang berdiri sambil memanggul manekin yang dibungkus kain putih. Properti di sekeliling tempat foto banyak terlihat reruntuhan puing beton dan peti kayu.

Zara Atelier Collection 04 The Jacket, photography by Tim Walker

Kampanye ini dinilai publik sebagai salah satu penghinaan terhadap konflik yang sedang terjadi di Palestina yang mana menelan ribuan korban warga Gaza.

Atas itu, seruan boikot ZARA langsung menyebar dari seluruh masyarakat pembela Palestina di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. 

Menanggapi hal tersebut, tak lama kemudian ZARA terpantau menghapus seluruh kampanye dari Atelier Collection 4 dari sosial media mereka dan mengeluarkan sebuah pernyataan bentuk klarifikasi.

"Setelah mendengar komentar-komentar mengenai kampanye terbaru ZARA 'The Jacket', kami ingin menyampaikan beberapa hal kepada pelanggan kami," tulis pihak ZARA dalam unggahan Instagram resminya.

"Kampanye tersebut, telah dirancang pada Juli dan difoto pada September, menampilkan seri gambar patung yang belum selesai di dalam studio dan diciptakan dengan tujuan menampilkan pakaian buatan tangan dalam konten artistik," lanjut mereka.

Namun, pernyataan ZARA tidak mengandung permohonan maaf sama sekali. ZARA justru menyayangkan reaksi publik yang muncul setelah mereka merilis kampanye Atelier Collection 04 The Jacket.



"Sayangnya, beberapa pelanggan merasa tersinggung dengan gambar ini, yang sekarang telah dihapus, dan melihatnya jauh dari apa yang dimaksudkan," beber mereka.

"ZARA menyesalkan kesalahpahaman tersebut dan kami menegaskan kembali rasa hormat yang mendalam terhadap semua orang," pungkas pihak ZARA.

Tanpa permohonan maaf, warganet merasa tak puas dengan klarifikasi dari ZARA dan hingga kini terpantau masih ada yang menyerukan boikot ZARA karena dianggap tidak peka dengan isu sensitif yang sedang terjadi di dunia dan dituding mendukung aksi genosida.

Zara Atelier Collection 04 The Jacket, photography by Tim Walker

 

ZARA Atelier Collection 04 The Jacket sendiri adalah rangkaian produk dengan edisi terbatas yang menyoroti komitmen merek terhadap ekspresi artistik dalam fashion. 

Koleksi ini melibatkan supermodel Kristen McMenamy sebagai bintang dari kampanye tersebut dan Tim Walker selaku fotografer. 

Konsep yang diusung dalam koleksi ini adalah menampilkan desain yang inovatif dengan menata ulang gaya jaket tradisional dengan sentuhan kontemporer seperti model blazer.

Berita Lainnya